Dapat Hibah Lahan 4,58 Ha, BLK Kendari Siap Bangun Workshop Baru

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 21:32 WIB
Ilustrasi Workshop Las Industri
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari mendapat tambahan lahan seluas 4,58 hektare dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Di lahan tersebut akan dibuka workshop baru dan dibangun gedung Balai Pelatihan Vokasi bertaraf internasional.

Luas lahan BLK Kendari yang berlokasi di Jalan DI Panjaitan Nomor 226 kota Kendari itu kini bertambah dari sebelumnya hanya 2,1 hektare menjadi 6,7 hektare. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas hibah yang diberikan kepada BLK Kendari. Ia berharap tambahan lahan tersebut semakin memperluas jumlah kejuruan di BLK Kendari.

"Dengan demikian BLK Kendari akan mampu menciptakan tenaga terampil dan kompeten, sekaligus menekan angka pengangguran di Sultra melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di BLK Kendari," ungkap Ida dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengatakan pemberian lahan hibah seluas 4,58 hektare merupakan bentuk kepercayaan Pemprov Sultra kepada BLK Kendari untuk mengelola lahan tersebut. La Ode berjanji pihaknya akan membayar kepercayaan yang diberikan secara serius dengan menciptakan SDM andal, kompeten, dan berdaya saing.

"Insyaallah kepercayaan yang dititipkan kepada kami untuk mengelola lahan itu sehingga bisa lebih bermanfaat, akan kami lakukan dengan baik," ungkap La Ode.

Ia memaparkan BLK Kendari telah merencanakan pembangunan workshop otomotif alat berat dengan program mekanik alat berat dan operator alat berat di lahan hibah. Selanjutnya, kata La Ode, akan dibangun workshop/kejuruan perhotelan, las industri, perkapalan, perikanan, pertanian, dan workshop pariwisata kelautan.

(ncm/ega)