257 Warga Kelurahan Kramat Jati Positif Corona, Mayoritas Klaster Keluarga

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 14:43 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Sebanyak 257 warga Kelurahan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), positif COVID-19. Lurah Kramat Jati Husni Abdullah mengungkapkan kebanyakan warga yang terpapar virus Corona berasal dari klaster keluarga.

"Klaster keluarga sangat dominan sekali saat ini yang berasal dari klaster perkantoran," ujar Husni melalui pesan singkat, Selasa (29/6/2021).

Husni menjelaskan klaster keluarga itu tertular dari klaster perkantoran. Menurutnya, banyak warga yang tertular COVID-19 dari tempat kerja dan menularkannya ke keluarga di rumah.

"Misal si abang kerja sebagai wartawan di kantornya. Kemudian sakit demam. Pulang ke rumah. Kemudian besoknya di-swab. Menunggu hasil swab dua hari masih tinggal di rumah. Sampai pada saat keluar hasil swab, ternyata positif. Selama dua hari itu dapat menularkan ke keluarga, kan? Itu yang disebut klaster keluarga yang berasal dari kantor anggota keluarganya," paparnya.

Husni melanjutkan saat ini hampir semua RW di Kramat Jati ada warga yang terpapar COVID-19. Sebagai informasi, total ada 10 RW di Kramat Jati.

"Ini terjadi hampir di semua RW. Total ada 10 RW," sambung Husni.

Lebih lanjut Husni mengatakan jumlah tersebut merupakan data per Minggu (27/6). Dia menjelaskan saat ini wilayahnya menggunakan laporan per tiga hari lantaran puskesmas setempat sedang sibuk melaksanakan vaksinasi sehingga hanya bisa memberi laporan per tiga hari.

"Kita masih gunakan per tiga hari. Karena tim data puskesmas sedang bekerja pelayanan vaksinasi," pungkas Husni.

(mae/mae)