NasDem: Mantan Gubernur Riau Annas Maamun Belum Masuk Struktur Partai

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 11:42 WIB
Annas Maamun
Annas Maamun (Foto: Tya Eka)
Jakarta -

Mantan Gubernur Riau Annas Maamun bergabung ke Partai NasDem. Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan Annas Maamun bergabung ke NasDem melalui DPW.

"Bukan dari DPP, dari melalui salah satu pengurus kami Aminullah namanya, Ketua Komisi Saksi NasDem, yang menyatakan Pak Annas Maamun minta dibuatkan KTA," kata Willy ketika dimintai konfirmasi, Selasa (29/6/2021).

Willy mengapresiasi jika Annas Maamun daftar menjadi anggota NasDem. Willy menegaskan pihaknya selalu terbuka terhadap siapa pun yang ingin menjadi anggota.

"NasDem kita KTA kan open, terbuka. Jadi setiap warga negara yang punya KTP yang mau bergabung itu bisa mendaftar jadi anggota Partai NasDem. Jadi kalau sekelas Pak Annas Maamun memiliki, kita tentu kita mengapresiasi. Tapi untuk masuk dalam struktur, belum," ujarnya.

Annas Maamun merupakan mantan narapidana kasus suap. Annas terkena operasi tangkap tangan (OTT) di Cibubur pada 2014. Annas ditangkap bersama Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Provinsi Riau Gulat Medali Emas Manurung.

Setelah dijerat sebagai tersangka, kasus terus bergulir hingga ke pengadilan. Ada tiga dakwaan yang disampaikan KPK terhadap Annas, yakni:

1. Annas diduga menerima suap USD 166.100 dari Gulat Medali Emas Manurung terkait kepentingan memasukkan area kebun sawit dengan total luas 2.522 hektare di 3 kabupaten dengan perubahan luas bukan kawasan hutan di Provinsi Riau.

2. Annas diduga menerima suap Rp 500 juta dari Edison Marudut melalui Gulat Medali Emas Manurung terkait dengan pengerjaan proyek untuk kepentingan perusahaan Edison Marudut di lingkungan Provinsi Riau.

3. Annas diduga menerima suap Rp 3 miliar dari janji Rp 8 miliar (dalam bentuk mata uang dolar Singapura) dari Surya Darmadi melalui Suheri Terta untuk kepentingan memasukkan lahan milik sejumlah anak perusahaan PT Darmex Argo yang bergerak dalam usaha perkebunan kelapa sawit, dalam revisi usulan perubahan luas kawasan bukan hutan di Provinsi Riau.

Simak juga 'Annas Maamun Dapat Grasi, Mahfud Md: Dia Sudah Sakit-sakitan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)