Menhub Pesan Jajarannya Jangan Terlibat Narkoba

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 10:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan jajarannya para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenhub agar tidak terlibat dengan narkoba. Pesan ini diberikan dalam momentum peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang jatuh 26 Juni yang lalu.

Budi mengajak seluruh jajarannya dan juga seluruh insan transportasi untuk selalu melakukan kegiatan yang positif yang dapat memacu kreativitas serta prestasi, sehingga dapat terhindar dari perilaku yang mengarah ke penyalahgunaan narkotika.

"Dalam situasi pandemi mungkin saja membuat mental kita teruji, namun itu bukan menjadi alasan kita mengalihkannya ke narkotika. Banyak hal positif lainnya yang dapat kita lakukan. Mari kita sesama pegawai antar unit pelayanan teknis, saling memberi inspirasi sehingga semakin memacu kreativitas serta prestasi," ungkap Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).

Lebih lanjut, Ia meminta untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkotika di lingkungan Kemenhub dan di seluruh lingkungan sektor transportasi.

Sementara itu, untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional, Kemenhub melalui Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan (PPTB) menggelar lomba poster atau desain grafis anti narkotika yang dapat diikuti oleh seluruh pegawai Kemenhub.

Melalui lomba ini, diharapkan dapat menciptakan karya untuk menyampaikan pesan-pesan anti narkotika secara kreatif dan menyesuaikan perkembangan media informasi saat ini, yang dapat lebih menarik perhatian publik.

Lomba ini diikuti oleh 55 peserta dari 26 unit kerja, dan terkumpul lebih dari 100 karya. Keempat karya yang dipilih sebagai karya terbaik diantaranya adalah karya dari unit kerja BPTD Wilayah IV, BPTD Aceh, BPTJ, serta Balitbang Kemenhub.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, Staf Khusus Menhub Bidang Komunikasi dan SDM Adita Irawati, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Junaidi, Kepala Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan Sigit Irfansyah, serta Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Capt. Avirianto.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan meluncurkan media komunikasi internal bagi pegawai Kemenhub berbasis website yaitu Intraweb pada Senin (28/6). Intraweb tersebut diberi nama 'Mitra' yang merupakan singkatan dari 'Media Antar Kita'.

Dengan adanya intraweb ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi internal antar pegawai Kemenhub untuk saling bertukar informasi, meningkatkan rasa memiliki, dan rasa bangga menjadi bagian dari organisasi.

Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi diluncurkannya Intraweb 'Mitra' dan berharap agar media komunikasi ini dapat membuat pegawai Kemenhub semakin dekat, saling mengenal, saling memberikan inspirasi, dan motivasi sehingga dapat lebih kuat dan solid untuk membangun transportasi.

"Kita harus memiliki satu pemahaman yang sama, sehingga kebijakan serta informasi yang digulirkan ke masyarakat tidak membingungkan. Saya yakin media ini akan memudahkan seluruh pegawai dalam memahami arah kebijakan pimpinan," ujar Budi.

"Kebersamaan dan kohesivitas ini merupakan kekuatan yang besar dalam mendorong kinerja dan melakukan berbagai percepatan di sektor transportasi," sambungnya.

Di dalam Intraweb ini, terdapat berbagai kanal bagi pegawai untuk saling berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan juga dapat mengakses informasi terkini terkait program dan kebijakan Kemenhub, yang disajikan dalam berbagai format.

Adapun format yang dimaksud antara lain berita, pengumuman, webinar, dan lain sebagainya. Intraweb "Mitra" dapat diakses pada alamat https://mitra.dephub.go.id/.

Setiap pegawai dapat melakukan login pada intraweb ini dengan memasukkan Nomor Induk Pegawai (NIP) masing-masing.

Simak video 'Peringati Hari Anti-Narkotika, Ma'ruf: Semua Negara Hadapi 2 Musuh Besar':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)