PKB Akan Beri Peringatan Wabup Lampung Tengah yang Joget Tanpa Prokes

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 07:51 WIB
Lampung Tengah -

Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah, Ardito Wijaya dipolisikan karena diduga melanggar protokol kesehatan dengan berjoget di acara hajatan tanpa masker. Ardito diketahui merupakan kader PKB.

Ketua DPP PKB Daniel Johan meminta semua kader untuk memberikan contoh kepada masyarakat terkait penerapan prokes di tengah pandemi. Terlebih kepada kader yang menjadi kepala daerah.

"Semua kader PKB apalagi menjabat sebagai kepala daerah harus menjadi teladan dan contoh dalam penerapan protokol kesehatan sesuai maklumat Cak Imin, jadi kita minta agar kejadian seperti di lampung tengah ini tidak terulang lagi," kata Daniel, kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Daniel mengatakan pihaknya akan meminta keterangan sekaligus memberikan peringatan terhadap Ardito. Dia meminta kejadian ini tidak terulang lagi kepada kepala daerah lain.

"Nanti PKB akan meminta penjelasan langsung dan tentu memberi peringatan agar di masa pandemi ini semua pihak bisa peka, baik dalam pencegahan maupun membantu masyarakat yang terdampak, saat ini adalah masa-masa kritis sehingga sikap dan kebijakan yang tepat akan sangat menentukan kondisi selanjutnya," ujarnya.

Wabup Lampung Tengah Joget Tanpa Prokes

Wabup Lampung Tengah Ardito Wijaya dilaporkan oleh masyarakat ke polisi atas alasan melanggar protokol kesehatan saat menghadiri pesta. Laporan itu sudah diterima polisi pada Minggu kemarin.

Laporan itu terdaftar dengan nomor registrasi LP/B/950/VI/2021/SPKT/POLDA LAMPUNG. Bukti laporan itu diberikan oleh Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Senin (28/6/2021).

"Laporan masyarakat baru kami terima di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polda Lampung pada hari Minggu, 27 Juni 2021, selanjutnya laporan tersebut akan dilakukan penyelidikan," ujar Pandra saat dihubungi.

Dalam laporan itu, pelapor mengatakan pada 26 Juni, Ardito menghadiri pesta pernikahan di Kampung Lempuyang. Di situlah Ardito disebut tidak menaati protokol kesehatan.

"Pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu yang diduga dilakukan oleh terlapor di tempat pesta pernikahan yang beralamat di Kampung Lempuyang Bandar, Lampung Tengah," demikian isi uraian kejadian dari laporan itu.

Pelapor menyebut Wakil Bupati Lampung Tengah sengaja menimbulkan kerumunan. Menurut pelapor, seharusnya Ardito sebagai pejabat publik menjadi contoh dalam pelaksanaan protokol kesehatan pandemi COVID-19.

(eva/mae)