Kera Liar Masuk Perkampungan Warga di Maros, Serang Anak-anak dan Perempuan

Muhammad Bakri - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 14:57 WIB
Kera liar masuk ke permukiman warga di Maros dan serang warga (Bakri/detikcom).
Kera liar masuk ke permukiman warga di Maros dan serang warga. (Bakri/detikcom)
Maros -

Warga di Desa Borimasunggu, Kecamatan Maros Baru, Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), dibuat resah oleh kemunculan kera ke perkampungan mereka. Kera itu kerap mengincar anak-anak dan perempuan untuk diserang.

Menurut pengakuan warga, kera Macaca maura, yang merupakan endemik Sulawesi Selatan, sudah ada di permukiman mereka sejak satu bulan terakhir. Warga tak tahu persis dari mana asal kera itu tiba-tiba ada di kampung mereka, terlebih habitatnya berjarak puluhan kilometer dari desa.

"Sudah satu bulan ada di sini. Kami tidak tahu karena tiba-tiba saja ada di sini dan sering menyerang anak-anak dan perempuan. Kemarin juga sempat masuk ke rumah warga dan mencuri telur," kata seorang warga, Daeng Hama, Senin (28/06/2021).

Warga yang sudah sering melihat kera itu keluar dari persembunyiannya mengatakan ukuran badan kera itu hampir sama dengan ukuran anak berusia 6 tahun dengan badan gemuk berwarna hitam berjenis kelamin jantan.

"Badannya gemuk dan besar seperti anak umur 6 tahun. Nah ditakutkan kalau dia serang anak-anak begitu karena kan sama ukuran badannya. Apa lagi dia terlihat kuat dan sangat lincah. Kami sudah larang anak-anak mendekat kalau muncul lagi," sebutnya.

Selama ini, kera itu kerap menampakkan diri di kebun warga tepat di pinggiran sungai. Kemungkinan, kera itu bersembunyi di lokasi tersebut karena masih banyak pohon tinggi dan semak-semak yang rimbun.

"Sepertinya sembunyi di situ memang karena kan di situ jarang orang lewat dan banyak pohon. Terus ada kebun pisang juga. Biasanya dia keluar itu, kita simpankan makanan di dekat jembatan," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.