Ratusan Karyawan Tambang Emas di Halmahera Utara Positif COVID-19

Antara - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 09:57 WIB
Ilustrasi lawan corona.
Ilustrasi Virus Corona (Dok. detikcom)
Ternate -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara, menyatakan kasus positif COVID-19 di daerah itu saat ini terjadi peningkatan. Karena ratusan karyawan perusahaan pertambangan emas PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) dilaporkan terpapar COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halut Muhammad Tapi-Tapi mengatakan untuk kasus terkonfirmasi COVID-19 di daerah ini, secara kumulatif sebanyak 757 kasus, untuk kasus sembuh 440 orang, sedangkan meninggal dunia 10 orang.

Namun, menurut dia, saat ini kasus COVID-19 yang masih aktif di Halut sebanyak 307 orang, di antaranya 251 dari karyawan perusahaan pertambangan emas PT NHM. Maka ini menjadi klaster baru atau dinamakan klaster pertambangan.

"Saat ini, sebanyak ratusan karyawan perusahaan pertambangan emas itu, sudah menjalani karantina di sejumlah hotel di dua daerah, yakni di Tobelo, Ibu Kota Kabupaten Halut; dan Kota Ternate," katanya saat dihubungi dari Ternate, Senin (28/6/2021), seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan, dari jumlah itu, pihaknya belum memperoleh data berapa banyak yang menjalani karantina di kota Tobelo dan di Kota Ternate.

Namun, menurut Muhammad Tapi-Tapi, diharapkan agar pihak PT NHM terus mengontrol ketat terkait protokol kesehatan bagi karyawan saat menjalani selama masa karantina.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video '85 Nakes RSUD Bayu Asih Positif COVID-19, Pelayanan Nyaris Lumpuh':

[Gambas:Video 20detik]