ICU Terisi 98%-Isolasi 90%, Walkot Tangsel: Tenaga Kesehatan Kelelahan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 09:01 WIB
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie
Foto: Benyamin Davnie (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyebut ruang ICU dan isolasi pasien COVID-19 hampir penuh. Rumah sakit di Tangsel terdiri dari 22 milik swasta dan 1 miliki pemerintah kota.

"Ruang ICU sudah 98%, kemudian tempat tidur isolasi 90% terisi. 22 rumah sakit, kemudian 1 rumah sakit umum milik pemerintah kota," kata Davnie kepada wartawan, Jumat (25/6/2021).

Lantas bagaimana kondisi tenaga kesehatan atau nakes yang menangani? Davnie menyebut nakes kelelahan. Davnie membuat kebijakan dengan membagi jam kerja para nakes di Tangsel.

"Kalau jumlah (tenaga kesehatan) relatif karena kita mengatur ritme kerja. Tapi memang kelelahan di teman-teman tenaga kesehatan sudah sangat berat," ujar Davnie.

"Makanya kita Dinas Kesehatan membagi tiga shift katakan lah begitu," sambungnya.

Para nakes di Tangsel diminta untuk siap setiap saat. Bagi nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan swasta, Davnie menyerahkan kebijakan jam kerja kepada pihak pemilik.

"Saya mintakan mereka (tenaga kesehatan) untuk bersiap 24 jam sih. Kalau di swasta itu saya serahkan semuanya ke direktur-direktur RS-nya," imbuhnya.

Tonton juga Video: Ma'ruf Amin ke Walkot Tangsel: Percepat Vaksinasi Massal!

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/dnu)