Menkes Bicara Fenomena Banyaknya Pasien Corona Usia Muda

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 12:25 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Orang usia muda yang terpapar virus Corona di Indonesia semakin banyak. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pihaknya tengah melakukan kajian penelitian terkait masalah ini.

"Mengenai usia muda, memang kita melihat bahwa ada gejala usia muda masuk. Sekarang kita sedang melakukan penelitian bagaimana mengenai severity-nya, keparahannya. Karena memang datanya di seluruh dunia, untuk usia di bawah 18 tahun itu 99 persen lebih itu sembuh dibandingkan dengan usia yang di atas 18 tahun," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers, Jumat (25/6/2021).

Menkes Budi menjelaskan pihaknya juga sedang mengkaji beberapa vaksin yang bisa dipakai untuk orang usia muda. Beberapa di antaranya yang sudah diamati ialah vaksin Sinovac dan vaksin Pfizer.

"Kita juga sedang mengkaji vaksin-vaksin mana yang sudah memiliki emergency use authorization untuk usia muda. Yang sudah kita amati ada dua. Satu adalah Sinovac, yang bisa antara umur 3-17 tahun. Kemudian satu lagi Pfizer yang bisa untuk umur 12-17 tahun. Itu sudah keluar emergency use authorization-nya," ujarnya.

Selain itu, studi terkait penggunaan vaksin untuk usia muda di negara lain turut dikaji. Kajian ini akan menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengambil keputusan.

"Kita juga melakukan studi. Dan mudah-mudahan kita bisa mengambil keputusan. Di negara-negara lain seperti apa? Negara-negara Eropa, Amerika, Asia, bagaimana mereka melakukan treatment pemberian vaksin untuk usia di bawah 18 tahun," jelasnya.

Simak video 'Grafik Lonjakan COVID-19 di RI dalam 2 Pekan Terakhir':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2