Corona Terus Melonjak, Menkes Ajak Warga Tinggal di Rumah Saja

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 12:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kasus virus Corona (COVID-19) di Indonesia terus melonjak. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pun mengajak masyarakat Indonesia tinggal di rumah saja.

"Teman-teman, mari kita tinggal di rumah. Karena dengan kita tinggal di rumah di masa-masa ini, bukan hanya kita melindungi diri kita, tapi kita melindungi keluarga kita tercinta. Kita melindungi keluarga-keluarga kita dan tetangga-tetangga kita. Kita melindungi rakyat Indonesia dan seluruh umat manusia di dunia," kata Budi dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/6/2021).

Budi mengaku kerap ditanya kapan pandemi virus Corona akan berakhir. Menurut dia, hal itu tergantung pada diri kita sendiri.

"Saya sering ditanya kapan pandemi ini akan berakhir? Setelah saya melihat pola pandemi ini. Ini semuanya bergantung kepada kita. Berapa lama pandemi ini akan terus ada? Itu tergantung pada kita. Berapa banyak kasusnya akan naik? Itu tergantung kepada kita. Berapa banyak orang yang masuk rumah sakit, saudara-saudara kita tenaga kesehatannya masuk rumah sakit? Itu juga tergantung kepada kita," tuturnya.

Budi mengungkapkan, semakin masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, semakin cepat pula pandemi ini akan berakhir. Karena itu, dia juga meminta warga mematuhi protokol kesehatan.

"Semakin kita bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, jangan berkerumun, rajin mencuci tangan, pandemi ini akan makin cepat berakhir," kata Budi.

Simak Video: Indonesia Masuk 5 Besar Penambahan Kasus COVID-19 Tertinggi Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)