Panglima TNI Tunjuk Laksda Anwar Saadi Jadi Jampidmil Kejagung

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 07:16 WIB
Panglima TNI bersama KSAL dan Polri ungkap perkembangan pencarian KRI Nanggala-402. Sejumlah barang turut ditampilkan dalam konferensi pers tersebut.
Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto merotasi perwira tinggi (pati) di tiga matra TNI. Salah satu yang dirotasi adalah Kababinkum TNI Laksda TNI Anwar Saadi menjadi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer (Jampidmil) Kejaksaan Agung.

Berdasarkan keterangan dari Puspen TNI, rotasi tersebut terdapat dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/540/VI/2021 tanggal 23 Juni 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangan pers tertulisnya, seperti dikutip, Jumat (25/6/2021).

Ada 104 pati yang dirotasi oleh Panglima TNI. Mereka terdiri atas 65 pati TNI AD, 22 pati TNI AL, dan 17 pati TNI AU. Salah satu yang pati yang berubah posisi adalah Laksda TNI Anwar Saadi, dari Kababinkum TNI menjadi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer Kejaksaan Agung.

Selain itu ada juga beberapa pati lain yang berubah posisi, salah satunya Pangdam XIII/Merdeka. Semula jabatan ini diisi oleh Mayjen TNI Santos Gunawan, lalu digantikan oleh Mayjen TNI Wanti Waranei F.

Mamahit sebelumnya menjabat Pangdivif 3 Kostrad. Santos menjadi pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sedangkan posisi Pangkoarmada III semula diduduki oleh Laksda TNI Dadi Hartanto, kini dijabat oleh Laksda TNI Irvansyah, yang sebelumnya menjabat Pangkolinlamil. Laksda Dadi mendapat tugas bari sebagai Asops KSAL.

Sebelumnya, Kejagung mulai mengisi jabatan satuan kerja pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (Jampidmil). Hari ini ada tiga orang yang dilantik mengisi jabatan eselon III dan IV pada Jampidmil.

"Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung Katarina Endang Sarwestri, SH, MH, melantik dan mengambil sumpah jabatan tiga orang pejabat eselon III dan beberapa pejabat eselon IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer," kata Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Selasa (25/5).

Pelantikan tersebut dilaksanakan di lantai 10 gedung Menara Kartika Adhyaksa, Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pejabat yang dilantik tersebut ialah:

1. Nur Handayani, S.H., M.H, sebagai Kepala Bagian Penyusunan Program, Laporan dan Penilaian pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung di Jakarta;
2. Agung Mardiwibowo, S.H., sebagai Kepala Bagian Tata Usaha dan Pengelolaan Pengamanan dan Pengawalan pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung di Jakarta;
3. Unaisi Hetty Nining, S.H., M.H., sebagai Kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung di Jakarta.
Jaksa Agung ST Burhanuddin diketahui sebelumnya telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terkait pengisian Jampidmil. Posisi Jampidmil nantinya akan diisi oleh jenderal TNI bintang 3.

"Untuk Jaksa Agung Militer (Jampidmil) kita memang sudah mempersiapkan seluruhnya, tinggal nanti personelnya. Personelnya kami sudah meminta kepada Panglima TNI untuk pengisian-pengisiannya," kata Burhanuddin saat konferensi pers di kantor Kejagung, Jalan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/3).

Lihat juga video 'TNI AL Selamatkan Bocah yang Terombang-ambing di Tengah Laut':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/aik)