Aceh Bebas Zona Merah, 18 Daerah Zona Oranye

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 12:31 WIB
Zona Merah Corona Jawa Barat Ada Di Mana Saja? Ini Sebarannya
Ilustrasi virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Tiga daerah di Aceh yang sempat dinyatakan zona merah kini berubah menjadi risiko sedang (zona oranye). Meski kondisi membaik, warga diminta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Alhamdulillah, tiga daerah yang sebelumnya zona merah kini sudah menjadi zona oranye," kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Tiga daerah yang sempat dinyatakan zona merah adalah Kota Banda Aceh, Pidie, dan Aceh Tengah. Penetapan peta risiko penyebaran Corona diperbarui Satgas COVID-19 nasional setiap pekan.

Saifullah menjelaskan, 18 daerah di Aceh saat ini berstatus zona oranye dan lima wilayah zona kuning. Kelima daerah berstatus risiko rendah adalah Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Simeulue, Aceh Timur, dan Bener Meriah.

"Aceh masih nihil zona hijau dan diharapkan zona paling aman dari peningkatan kasus COVID-19 itu segera diraih oleh sejumlah kabupaten/kota di Aceh pada pekan depan," jelas Saifullah.

Dia menyebutkan kriteria warna hijau, kuning, oranye, dan warna merah pada peta zonasi risiko COVID-19 berbeda dengan klasifikasi pewarnaan pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Dia meminta masyarakat semakin patuh protokol kesehatan.

"Meski warnanya sama, dasar yang dipakai dalam memformulasikannya berbeda, dan aplikasinya di lapangannya juga berbeda dalam penanganan COVID-19 antara tingkat kabupaten/kota dengan tingkat gampong atau RW," jelasnya.

Secara kumulatif, hingga Rabu (23/6) kemarin, kasus positif Corona di Aceh berjumlah 18.590 orang. Sebanyak 14.092 di antaranya dinyatakan sembuh, 3.748 dalam perawatan, dan 750 orang meninggal dunia.

(agse/idh)