Golkar: Pergantian Panglima TNI Bisa Jadi Momen Isi Jabatan Wakil Panglima

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 11:07 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Foto: Bobby Adhityo Rizaldi. (Dok Pribadi).
Jakarta -

Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini dari jabatan Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI, menurut anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi, bisa menjadi momen mengisi jabatan Wakil Panglima TNI.

"Kami di DPR belum ada info mengenai hal itu, tapi pergantian Panglima TNI ini bisa menjadi momen juga mengisi jabatan Wakil Panglima, tidak harus waktunya bersamaan," kata Bobby kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Pengisian jabatan Wakil Panglima TNI, menurut Bobby sudah ada diatur di dalam Perpres 66/2019. Adanya Wakil Panglima TNI, bagi Bobby dapat meningkatkan koordinasi di tubuh TNI.

"Hal ini untuk merespons dinamika perlunya meningkatkan koordinasi interoperabilitas Tri Matra terpadu, dan melaksanakan tugas Panglima bila mana berhalangan. Jadi bukan tumpang tindih, karena bertanggung jawab kepada Panglima TNI," ujarnya.

Wakil Panglima TNI dapat diisi oleh perwira tinggi bintang empat. Presiden Jokowi, kata Bobby, dapat menjadikan ini opsi untuk melakukan rotasi Panglima TNI hingga 2024.

"Selain hal teknis operasional, jabatan ini adalah untuk perwira tinggi jenderal bintang empat, sehingga bisa menjadi salah satu opsi bila subyektifitas Presiden dalam memilih Panglima TNI, mempertimbangkan Pasal 13 Ayat 4 UU 34/2004 mengenai bergiliran matra yang menjadi Panglima TNI sampai 2024," ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Soal Jatah Matra untuk Posisi Panglima TNI, Ini Kata Pimpinan DPR':

[Gambas:Video 20detik]