Surat Al Isra Ayat 1: Arab, Latin, dan Kandungannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 11:04 WIB
al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/LV4260/Surat Al Isra Ayat 1: Arab, Latin, dan Kandungannya
Jakarta -

Surat Al Isra ayat satu menunjukkan kuasa Allah SWT atas semua yang terjadi di alam semesta. Sesuai arti surat, Allah SWT kuasa memperjalankan hambaNya pada malam hari di luar logika manusia.

Dalam Al Quran, Al Isra adalah surat ke-17 dengan total 111 ayat. Surat Al Isra masuk golongan surat Makkiyah yang diturunkan di kota Makkah. Surat Makkiyah turun selama 12 tahun, lima bulan, dan 13 hari.

Berikut bacaan Al Isra ayat 1 dalam Arab dan latin:

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Arab latin: Sub-ḥānallażī asrā bi'abdihī lailam minal-masjidil-ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣallażī bāraknā ḥaulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī'ul-baṣīr

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Kandungan surat Al Isra ayat 1 dapat diketahui dari berbagai sumber. Salah satunya Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI yang diterbitkan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.

Tafsir ini juga menjelaskan, QS Al Isra ayat 1 berkaitan dengan ayat terakhir surat An Nahl. Ayat tersebut menceritakan kesedihan Nabi Muhammad SAW akibat tipu daya dan penolakan masyarakat pada dakwahnya.

"Saat mengalami kesulitan menghadapi orang-orang kafir, ayat pertama surat Al-Isra menyatakan Nabi Muhammad SAW mempunyai kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT," tulis tafsir tersebut yang bukunya bisa diunduh di situs Pustaka Lajnah Kemenag.

Surat Al Isra ayat satu menjelaskan, Allah SWT memperjalankan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Allah SWT juga memperlihatkan tanda-tanda kebesaranNya pada Nabi Muhammad SAW.

Beberapa tanda tersebut bisa disaksikan dengan mata kepala dan mata hati Rasulullah SAW. Misal tanah penuh berkah di sekitar Masjidil Aqsa di Palestina. Allah SWT kembali mengingatkan kuasanya sebagai yang Maha Mendengar dan Maha Melihat.

Melalui Al Isra ayat satu, muslim diharapkan tak lagi sedih atau meragukan kebesaran Allah SWT. Dengan kuasaNya, Allah SWT bisa mendengar permohonan dan melihat seluruh perbuatan hambaNya di dunia.

(row/erd)