Sempat Ricuh, Massa Pendukung Habib Rizieq Dialog dengan Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 10:37 WIB
Jakarta -

Kericuhan yang terjadi karena massa simpatisan Habib Rizieq Shihab memaksa mendekat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur berhenti setelah polisi menemui perwakilan massa. Kapolres Jakarta Timur (Jaktim) Kombes Erwin Kurniawan turun langsung mengajak massa berdialog.

Pantauan detikcom di dekat flyover Stasiun Klender, Jakarta Timur, ada lima perwakilan massa simpatisan Rizieq yang berdialog dengan Kombes Erwin. Mereka meminta agar massa diizinkan mendekat ke PN Jaktim. Namun Kombes Erwin tetap tak mengizinkan.

"Kita sudah hitung, walaupun dengan duduk, tidak bisa. Jalan itu untuk umum. Ini ditutup karena massa," kata Kombes Erwin, yang meminta massa mundur.

"Itu kan jalannya kan panjang," timpal salah satu perwakilan yang bernama Muhammad.

Dalam dialog itu, Kombes Erwin pun meminta massa pulang. Dia meminta massa mendoakan Rizieq dari rumah.

"Kalau mau mendoakan, dari rumah masing-masing bisa," ujar Kombes Erwin.

Sebelumnya, massa di luar lingkungan pengadilan ricuh dengan polisi. Kericuhan terjadi di flyover Stasiun Klender, Jl I Gusti Ngurah Rai yang mengarah ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat massa yang sebagian mengenakan baju putih-putih mencoba menuju flyover untuk mencapai PN Jaktim. Namun barikade polisi menghalangi mereka.

Kericuhan terjadi. Massa melempar batu ke arah barikade polisi yang bertameng tersebut. Massa mencoba melalui flyover namun tidak bisa.

Merespons situasi, polisi melepaskan gas air mata. Mobil water cannon sudah bersiaga di sisi polisi. Terdengar dari arah massa, mereka mengumandangkan selawat dan takbir.

(mae/imk)