Kasus Covid-19 Melonjak, Kemenkes Sarankan Penggunaan Masker Ganda

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 07:19 WIB
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan penggunaan double mask atau masker ganda di tengah kasus COVID-19 yang meningkat signifikan. Masker ganda disebut cara efektif mencegah penularan COVID-19.

"Penggunaan masker ganda ditengah kenaikan kasus COVID-19 menjadi salah satu cara efektif untuk melindungimu dari penularan COVID-19," tulis Kemenkes melalui akun Twitter @KemenkesRI yang dilihat detikcom, Kamis (24/6/2021).

Kemenkes menyebut jenis masker yang baik dikombinasikan adalah masker kain dan masker medis. Masked kain untuk layer luar dan masker medis untuk later dalam. Pastikan masker menutup mulut dan hidung secara sempurna, sehingga tak ada celah untuk virus masuk.

"Jenis masker yang bisa digunakan di waktu bersamaan adalah masker medis dan masker kain. Kombinasi keduanya memiliki tingkat efektivitas yang baik dalam mencegah percikan droplet. Cara menggunakannya pun mudah, masker medis untuk layer dalam dan masker kain untuk bagian luar," tulisnya.

"Pastikan saat menggunakan masker, mulut dan hidungmu tertutupi dengan sempurna ya. Jangan biarkan ada celah sedikitpun termasuk di bagian atas hidung, sehingga percikan droplet tidak akan masuk," lanjut Kemenkes.

Kemenkes tidak menganjurkan penggunaan dua masker medis secara bersamaan. Termasuk mengombinasikan masker N95 dengan masker lainnya, sebab masker tersebut sudah dinilai memiliki kemampuan filtrasi tinggi.

"Jangan gunakan dua masker medis secara bersamaan. Jangan juga mengombinasikan masker N95 dengan jenis masker lain ya. Karena tidak akan efektif, pasalnya masker N95 memiliki kemampuan filtrasi yang tinggi," tutur Kemenkes.

(eva/dnu)