RI Negara Risiko Tinggi Corona, Pesawatnya Dilarang Masuk Hong Kong

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 06:53 WIB
Poster
Foto ilustrasi. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Untuk sementara waktu, Hong Kong melarang masuk penerbangan dari Indonesia. Soalnya, Indonesia baru saja masuk dalam kategori negara berisiko tinggi COVID-19 bersama sejumlah negara-negara lainnya.

Informasi ini disampaikan Kementerian Luar Negeri RI lewat situs resminya, Kamis (24/6/2021).

"Pada tanggal 23 Juni 2021, Pemerintah Hong Kong telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 25 Juni 2021 akan menetapkan status Indonesia menjadi negara kategori A1 (extremely high risk). Dalam kategori A1, maka semua penumpang penerbangan dari Indonesia tidak diperbolehkan memasuki Hong Kong," demikian keterangan Kemlu.

Selain Indonesia, ada negara lain yang lebih dulu masuk kategori A1 alias negara yang dinilai berisiko sangat tinggi di mata Hong Kong, yakni Filipina, India, Nepal, dan Pakistan. Hong Kong mendeteksi ada banyak kasus COVID-19 dari Indonesia yang masuk ke negaranya.

"Kebijakan ini ditempuh Pemerintah Hong Kong karena terdapat peningkatan jumlah imported cases COVID-19 dari Indonesia," demikian kata Kemlu.

Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dikaji ulang secara periodik. Untuk para pekerja migran Indonesia (PMI) yang terdampak kebijakan ini, Kemlu mengimbau agar PMI menghubungi majikan dan agen masing-masing.

"KJRI Hong Kong akan memastikan pemenuhan hak-hak PMI sesuai ketentuan yang berlaku," kata Kemlu.

Simak juga 'Rencana Travel Bubble Hong Kong dan Singapura Terancam Batal!':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/eva)