Bobby Siapkan Surat Edaran Terkait PPKM Mikro di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 01:10 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Datuk Haris Molana-detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution berbicara soal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang mulai kembali diperketat. Bobby menilai pengetatan itu sangat diperlukan untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Ya memang seperti yang kita ketahui memang PPKM mikro yang ketat ini sangat diperlukan apalagi ketika setelah ada hari-hari besar, kemarin pasca lebaran ini pastinya sudah bukan hanya lebaran kemarin, nataru dan segala macam kemarin, itu lonjakan COVID-19 pastinya ada," kata Bobby, Rabu (23/6/2021).

Bobby mengatakan Kemendagri juga telah mengeluarkan instruksi soal pengetatan PPKM. Dalam intruksi itu disebut jam operasional tempat makan hingga mall hanya sampai pukul 20.00 WIB

"Hari ini juga sudah diterbitkan oleh Kemendagri tapi belum kita buat surat edarannya karena baru hari ini. Itu PPKM mikro diperketat, dan sampaikan PPKM mikro ini diperketat yang tadi jam operasionalnya itu jam 21.00 WIB sekarang diperketat jadi jam 20.00 WIB," ujar Bobby.

Oleh karena itu, Bobby juga bakal mencari formulasi soal kegiatan ekonomi masyarakat saat PPKM mikro diperketat. Bobby bakal mengupayakan kegiatan ekonomi masyarakat tetap berlaku namun sesuai dengan aturan.

"Nah tapi saya sampaikan itu kegiatan ekonomi juga memang tetap harus kita upayakan tetap ada aktivitas, untuk kegiatan ekonomi teman-teman yang jualan untuk makan langsung makan ditempat jam 20.00 WIB nggak boleh lagi. Tapi kalau mau buat drive thru, take away mau dibawa pulang silahkan makanya pasti ada yang nanya kenapa yang tempat makan besar yang menyediakan drive thru kok masih boleh buka," ujarnya.

"Ini saya sampaikan boleh, tapi hanya take a way, jangan terjadi penumpukan dan tolong disediakan fasilitas betul betul. Kalau untuk yang ngantri misalnya teman-teman penyedia jasa untuk antar makanan itu disediakan tempatnya jangan terjadi kerumunan. Kalau terjadi kerumunan akan kita tegur juga," lanjut Bobby.

Bobby menyebut aturan terkait PPKM Mikro bakal dijabarkan secara detail dalam surat edaran yang sedang disiapkan.

Pemerintah Perketat PPKM

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah mengeluarkan instruksi terbaru untuk kepala daerah dalam PPKM Mikro ketat. Instruksi itu mencakup pengaturan jam operasional kantor hingga restoran.

Aturan itu tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 14 Tahun 2021 yang ditandatangani Tito Karnavian, Senin (21/6). Instruksi ini memuat 18 poin.

Tito menginstruksikan kepala daerah yang memberlakukan PPKM Mikro memperhatikan aturan pembatasan. Salah satunya aturan kerja dari rumah atau work from home sebanyak 75% di daerah zona merah dan 50% di zona lainnya.

Tito juga meminta, saat PPKM Mikro, tempat makan hanya boleh dibuka hingga pukul 20.00 waktu setempat. Kapasitas juga dibatasi sebanyak 25 persen.

Simak video 'Bobby Nasution Bersiaga Cegah Varian Corona di Pelabuhan Medan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)