Top 5 News

PPKM Mikro di Jakarta Diperketat hingga Bahaya Corona Varian Delta

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 20:42 WIB
Top 5 News Yamaha
Foto: Dok. detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga 5 Juli 2021 imbas lonjakan kasus COVID-19. Anies menyatakan pengetatan aktivitas warga diberlakukan demi menekan penyebaran virus COVID-19 di Ibu Kota.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Dr. Michael J. Ryan menyebut varian Corona Delta memiliki tingkat penularan paling cepat dan lebih teradaptasi (fit) dibandingkan varian lainnya. Ryan pun menyebut varian Delta akan menyerang orang-orang secara lebih efisien, terutama bagi mereka yang rentan.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (23/6/2021).

1. PPKM Mikro di Jakarta Diperketat Lagi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga 5 Juli 2021 imbas lonjakan kasus COVID-19. Anies menyatakan pengetatan aktivitas warga diberlakukan demi menekan penyebaran virus COVID-19 di Ibu Kota.

"Kenaikan kasus COVID-19 yang secara signifikan terjadi akhir-akhir ini di DKI membuat kami akhirnya harus membuat keputusan serius, untuk segera menekan penyebaran virus," kata Anies Baswedan melalui keterangan tertulis, Rabu (23/6/2021).

Artikel Selengkapnya: Kenaikan Kasus Tanggung Jawab Semua Pihak

2. WHO Sebut COVID-19 Varian Delta Paling Menular

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memberikan peringatan terkait varian Delta (B1617.2) yang pertama kali diidentifikasi di India. WHO menyebut bahwa varian ini sangat menular, termasuk jenis varian yang tercepat, dan terkuat yang pernah ada .

"(Varian Delta) menjadi lebih mematikan karena lebih efisien dalam cara penularan antar manusia. Dan pada akhirnya akan menemukan individu-individu yang rentan yang akan menjadi sakit parah, harus dirawat di rumah sakit dan berpotensi meninggal," ujar Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Dr Mike Ryan.

Artikel Selengkapnya: Varian Terkuat COVID-19

3. Pria Lecehkan Jemaah Wanita Saat Salat

Insiden pelecehan jemaah wanita saat salat di sebuah masjid di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) disebut sudah berkali-kali terjadi di berapa masjid lainnya. Dari beberapa insiden itu, 2 orang korban telah melaporkan pelaku ke polisi.

Insiden pelecehan jemaah wanita di masjid ini diketahui terjadi di wilayah Sengkang, Wajo di mana insiden yang sama juga terjadi di beberapa masjid sekitar. Polisi menyebut kasus ini kemudian viral sebab pada aksi pelecehan yang terakhir terekam kamera CCTV masjid

Artikel Selengkapnya: Pelecehan Terhadap Jemaah Wanita

4. Instagram Reels Meluncur di Indonesia

Fitur Reels meluncur di Indonesia hari ini. Pastinya banyak pengguna yang bertanya-tanya bagaimana cara menemukan fitur Reels di Instagram dan apa saja fitur-fitur yang ada di Reels.

Untuk menemukan fitur Reels tidaklah susah. Setelah aplikasi Instagram sudah di-update, pengguna bisa pakai fitur Reels dengan mudah. Nantinya, di bagian bawah home, ada tap khusus berbentuk logo Reels. Di sana, pengguna bisa menemukan semua konten Reels. Pengguna hanya perlu swipe up untuk melihat konten dari creators lainnya.

Artikel Selengkapnya: Cara Pakai Instagram Reels

5. Inggris dan Kroasia Lolos Fase Knockout Grup D

Laga grup D Piala Eropa 2020 berakhir dengan hasil Inggris sebagai top klasemen, disusul Kroasia di posisi runner-up. Sementara, langkah Ceko dan Skotlandia harus terhenti, usai kalah di partai akhir penyisihan grup.

Diketahui, berhasilnya Kroasia ke babak 16 besar Euro 2020 ini bisa menjadi ancaman negara-negara yang bertemu Kroasia. Pasalnya, negara yang kemerdekaanya baru diakui dunia pada 1992 ini selalu menyulitkan andai ada di babak knock-out.

Artikel Selengkapnya: Inggris dan Kroasia Masuk 16 Besar

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)