73 Golongan dalam Islam, Hanya Satu Golongan Ini yang Selamat

Kristina - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 10:04 WIB
Ornamental Arabic lantern with burning candle glowing at night. Festive greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem.n
Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph/73 Golongan dalam Islam, Hanya Satu Golongan Ini yang Selamat.
Jakarta -

Dalam berbagai riwayat disebutkan, umat Nabi Muhammad SAW pecah menjadi 73 golongan dalam Islam. Hanya satu golongan yang disebutkan bisa selamat.

Tidak sedikit yang berpendapat riwayat dalam hadits tersebut lemah. Namun, Imam Tirmidzi menyatakan hadits tersebut sahih,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِفْتَرَقَ الْيَهُوْدُ عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَتَفَرَّقَتِ النَّصَارَى عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِيْ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً.

Artinya: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda, 'Kaum Yahudi telah terpecah menjadi tujuh puluh satu (71) golongan atau tujuh puluh dua (72) golongan, dan kaum Nasrani telah terpecah menjadi tujuh puluh satu (71) atau tujuh puluh dua (72) golongan, dan umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga (73) golongan." (HR Tirmidzi).

Pecahnya muslim menjadi 73 golongan dalam Islam juga disebutkan dalam QS Al-An'am ayat 159,

إِنَّ ٱلَّذِينَ فَرَّقُوا۟ دِينَهُمْ وَكَانُوا۟ شِيَعًا لَّسْتَ مِنْهُمْ فِى شَىْءٍ ۚ إِنَّمَآ أَمْرُهُمْ إِلَى ٱللَّهِ ثُمَّ يُنَبِّئُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَفْعَلُونَ

Arab latin: Innallażīna farraqụ dīnahum wa kānụ syiya'al lasta min-hum fī syaī`, innamā amruhum ilallāhi ṡumma yunabbi`uhum bimā kānụ yaf'alụn

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agama-Nya dan mereka menjadi bergolongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu kepada mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat."

Abdul Razzaq Al-Kailani dalam bukunya Syaikh Abdul Qadir Jailani: Guru Para Pencari Tuhan menjelaskan, golongan yang selamat adalah ahlu sunnah wal jamaah. Sedangkan 72 dari 73 golongan dalam Islam lainnya adalah sesat.

"Kemudian sesungguhnya kalian akan terpecah menjadi 73 golongan; semuanya sesat, kecuali satu golongan, yaitu Islam dan jamaahnya," tulis Al-Kailani dikutip detikcom pada Rabu (23/6/2021).

Sebanyak 73 golongan dalam Islam tersebut berasal dari 10 kelompok. Nama kelompok tersebut adalah Ahlu Sunnah, Khawarij, Syi'ah, Murjia'ah, Mu'tazilah, Musyabbihah, Jahamiyyah, Dhirariyyah, Najjariyyah, dan Kilabiyyah.

Ahlu Sunnah hanya terdiri dari satu golongan. Sedangkan, Khawarij ada 10 golongan, Mu'tazilah 6 golongan, Murji'ah 12 golongan, dan Syi'ah 32 golongan. Sementara itu, Jahamiyyah, Najjariyyah, Dhirariyyah, dan Kilabiyyah memiliki satu kelompok saja. Sedangkan, Musyabbihah memiliki tiga golongan.

Kelompk ahlu sunnah wal jamaah, satu yang selamat dari 73 kelompok dalam Islam, disebut selalu berada antara takut dan berharap. Takut dari Allah dan siksaan-Nya dan berharap pada ampunan dan kemurahan hatiNya.

Syaikh Abdul Qadir Jailani dalam Futuh Al-Ghaib mengibaratkan takut dan berharap sebagai dua sayap. Keduanya saling melengkapi dan membutuhkan, menuju Islam yang sempurna.

(row/row)