Jokowi: PPKM Mikro dan Lockdown Esensinya Sama, Tak Perlu Dipertentangkan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 16:16 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama. Jokowi meminta agar kedua kebijakan itu tak dipertentangkan.

"Saya sampaikan bahwa PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat, untuk itu tidak perlu dipertentangkan," kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/6/2021).

Jokowi mengatakan. jika PPKM mikro terlaksana dengan baik, laju kasus Corona bisa terkendali. Jokowi menyoroti PPKM mikro yang belum terlaksana menyeluruh di beberapa tempat.

"Jika PPKM Mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali. Persoalannya PPKM Mikro belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat," kata dia.

Oleh karena itu, Jokowi meminta semua kepala daerah menerapkan PPKM mikro dengan ketat. Dia meminta posko di tingkat desa yang kelurahan diaktifkan untuk penanganan kasus Corona.

"Untuk itu, saya minta kepada beberapa gubernur, bupati dan wali kota untuk meneguhkan komitmennya mempertajam PPKM mikro, optimalkan posko-posko COVID-19 yang terbentuk di masing-masing wilayah desa atau kelurahan," katanya.

(lir/imk)