BKN: Materi Tes CPNS Tak Cocok untuk TWK KPK

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 18:05 WIB
Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dan Komisioner Komans HAM Chorul Anam jumpa pers di Kantor Komnas HAM
Kepala BKN Bima Haria Wibisana (Kadek Melda/detikcom)

Lebih lanjut Bima mengatakan, dari hasil tes itu, ditemukan pegawai yang lolos sebanyak 1.274. Sedangkan 75 orang tidak lolos.

"Hasilnya ada 1.274 yang memenuhi syarat dan awalnya 75 yang tidak memenuhi syarat. Kemudian dalam rapat koordinasi itu kemudian kita bahas lagi, apakah bisa 75 ini dikurangi lagi sehingga ada yang bisa 'memenuhi syarat'. Itu sudah dilakukan. Rapat koordinasinya dihadiri oleh semuanya dan bersama asesornya juga dan itu juga kita coba apakah ada variabel yang bisa kita commit, kita hilangkan agar orang-orang ini bisa memenuhi syarat, ada jadi hasilnya 51 dan 24. Nah, yang 51 ini bagaimana ini keputusan bersama, ada asesor yang melaksanakan TWK dan KPK juga kemudian diputuskan kalau 51 ini tidak memenuhi syarat," tutur dia.

Bima mengatakan hasil TWK ini juga telah dibahas dalam rapat koordinasi. Dia menegaskan, dalam TWK ini, BKN tidak bekerja sendirian.

"Ini kan dari rapat koordinasi itu, jadi tidak sendirian. Ini adalah kesimpulan rapat yang memutuskan hasilnya seperti itu. Jadi ini adalah data-data yang dievaluasi dan itu juga sudah kami sampaikan ke Komnas HAM untuk melakukan evaluasi kembali," katanya.


(lir/dhn)