Surat Al Kahfi: Ayat, Juz, Golongan, dan Asbabun Nuzul

Kristina - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 07:04 WIB
al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/LV4260
Jakarta -

Al Quran terdiri dari 114 surat. Salah satu surat yang memiliki berbagai keutamaan adalah Al Kahfi.

Surat Al Kahfi terdapat pada juz 15 dalam Al Quran. Surat ini merupakan surat ke-18 dalam Al Quran dan terdiri dari 110 ayat. Surat Al Kahfi diturunkan di Kota Mekkah sehingga termasuk golongan surat Makkiyah.

Dikutip dari buku Teka Teki Surat Al Kahfi oleh Abu Lukman Fathurrahman, Al Kahfi artinya gua. Di dalam surat ini terdapat kisah Ashabul Kahfi War-Raqim yaitu para penghuni gua dan prasasti. Para ulama berpendapat, kahfi adalah gua yang terletak pada sebuah bukit.

Asbabun nuzul atau sebab turunnya surat Al Kahfi dijelaskan dalam beberapa riwayat. Salah satunya seperti dijelaskan oleh Syaikh Hamid Ahmad Ath-Thahir Al-Basyuni dalam bukunya yang berjudul Kisah-kisah dalam Al Quran.

Pada waktu itu, kaum muslimin di Mekkah hidup dalam penderitaan yang lengkap. Mereka mendapat siksa badan, kekurangan dari segi material, kelaparan, kehausan, disingkirkan masyarakat, dan diperangi dalam perdagangan dan pencarian nafkah.

Hingga terlintas dalam benak salah seorang pemuda di antara mereka untuk meninggalkan Mekkah dan melindungi agama Islam ke tempat lain yang lebih aman. Di mana mereka bisa lebih leluasa untuk menyembah Tuhan.

Kaum muslimin di sana merasa kesusahan jika Allah SWT tidak mengizinkan hal tersebut. Mereka juga sangat cinta kepada Rasulullah SAW dan selalu ingin menemani Beliau. Mereka takut jika akan berpisah dengan Rasulullah SAW.

Maka, diturunkanlah surat Al Kahfi yang menjelaskan tentang kisah pemuda-pemuda yang beriman tersebut dan keinginannya untuk hijrah.

Surat Al Kahfi disebut juga dengan Ashhab Al Kahfi. Syaikh Adil Muhammad Khalil dalam bukunya yang berjudul Tadabur Al Quran menjelaskan, surat Al Kahfi berisikan tentang bermacam-macam fitnah dan cobaan. Di antaranya fitnah harta, kekuasaan, ilmu, dan agama. Oleh karena itu, surat ini dinamakan Ashhab Al Kahfi.

Menghafalkan surat Al Kahfi ayat 1-10 memiliki banyak keutamaan. Salah satunya terlindung dari fitnah Dajjal. Dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Darda' ra, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah). (HR. Muslim)

Dalam hadits lain disebutkan bahwa orang yang membaca surat Al Kahfi akan mendapatkan cahaya kelak pada hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka baginya cahaya di hari kiamat dari tempat berdirinya hingga kota Makkah." (HR. An-Nasa'i, As-Silsilah Ash-Shahihah No. 2651).

Simak juga 'Bertemu Sekjen IIFA, PBNU Bahas Soal Fatwa-Islam Moderat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2