Membaca Makna Prabowo Unggah Foto Lawas Bareng Jokowi di Pilgub DKI

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 08:21 WIB
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta. Ada berbagai hal yang dibahas keduanya dalam pertemuan tersebut.
Prabowo dan Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunggah dua foto lawas bersama Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) saat Pilgub DKI Jakarta 2012. Unggahan foto tersebut dinilai menegaskan bahwa Prabowo dan Jokowi bersahabat.

"Prabowo ingin menunjukkan ke publik persahabatan dengan Jokowi sudah terjadi sejak lama. Terutama momen Pilkada DKI yang mengantarkan Jokowi meniti karir politik pertamanya di Ibu Kota," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Pada Pilgub DKI Jakarta 2021, Partai Gerindra mendukung duet Jokowi-Ahok. Foto kenangan yang diunggah Prabowo untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi itu dinilai menegaskan hubungan sahabat kedua tokoh.

"Jadi, foto itu menegaskan Prabowo dan Jokowi sohib sejak lama meski dua kali beradu di pilpres," ujar Adi.

Prabowo kini menjadi menteri Jokowi yang membidangi pertahanan. Perseteruan politik dalam Pilpres 2014 dan 2019, menurut Adi, luntur dengan keakraban Prabowo dan Jokowi saat ini.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno (Dok Adi Prayitno)Foto: Adi Prayitno (Dok. Pribadi)

"Ungguhan foto bersama itu juga memastikan Prabowo bukan 'ancaman' di kabinet Jokowi seperti yang selama ini dikhawatirkan publik bakal ada matahari kembar di Istana. Persahabatan di atas segala-galanya, melampaui perseteruan politik keduanya selama kurang-lebih sepuluh tahun belakangan ini," imbuhnya.

Jokowi sebelumnya berulang tahun ke-60. Ucapan 'selamat' datang dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo mengucapkan selamat ulang tahun ke Jokowi lewat Instagram seperti dikutip pada Senin (21/6). Prabowo mengunggah 2 foto lawas bersama Jokowi.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Kisruh Wacana Jabatan Presiden 3 Periode':

[Gambas:Video 20detik]