Pembatasan di Kemang Raya Mulai Berlaku, 'Hujan' Klakson Terdengar

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 21:07 WIB
Pembatasan mobilitas masyarakat di Jalan Kemang Raya mulai diberlakukan, Senin (21/6/2021).
Pembatasan di Jalan Kemang Raya mulai diberlakukan. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pembatasan mobilitas masyarakat di Kemang Raya mulai diberlakukan. Sempat terdengar 'hujan' klakson dari para pemotor saat petugas gabungan memasang di barrier.

Pantauan detikcom di Jalan Kemang Raya, Senin (21/6/2021), pemasangan barier dilakukan tepat pukul 21.00 WIB. Para pemotor yang membunyikan klaksonnya diarahkan oleh petugas kepolisian untuk segera melintas.

Selain memasang barier, polisi menempatkan plang besi di tengah jalan yang mengarah ke Jalan Kemang Raya. Plang besi tersebut bertulisan 'Pembatasan Mobilitas Pengguna Jalan Pada Masa PPKM di Ruas/Jalan Kemang Pukul 21.00 s/d 04.00 WIB'.

Tempat-tempat usaha di sekitar titik pembatasan juga sudah tutup. Pantauan di lokasi, tempat-tempat usaha di sana tutup sekitar pukul 08.30 WIB.

Pengendara motor membunyikan klakson saat pembatasan di Jalan Kemang Raya mulai diberlakukan, Senin (21/6/2021).Pengendara motor membunyikan klakson saat aparat memasang barrier di Jalan Kemang Raya mulai diberlakukan, Senin (21/6/2021). (Wilda/detikcom)

Puluhan aparat gabungan ini sebelumnya telah melakukan apel terlebih dahulu di sekitar lokasi. Pengendara yang melintas di Kemang Raya terlihat menengok kiri kanan dan sesekali berhenti untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh aparat gabungan ini.

Lalu lintas di sekitar terpantau ramai lancar. Para aparat gabungan, yang terdiri atas polisi, TNI, dan Satpol PP, tetap berjaga di titik pembatasan.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pembatasan ini untuk menekan laju penularan COVID-19.

"Kemarin itu Jakarta saja ada 5.582 positif aktif yang ada di Jakarta, BOR Jakarta ini sudah mendekati 80 persen sekitar 20 persen lagi," ujar Kombes Yusri Yunus dalam jumpa pers.

Yusri mengatakan 10 titik yang akan dibatasi adalah Bulungan, Kemang, Gunawarman dan Senopati, Sabang, Cikini Raya, Jalan Asia Afrika, BKT, Kawasan Kota Tua Boulevard Kelapa Gading, dan PIK.

"Jakarta sedang tak baik-baik saja," terang Yusri.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pembatasan mobilitas ini akan dimulai malam nanti pukul 21.00 sampai pukul 04.00 WIB. Berikut ini rincian 10 titik yang dilakukan pembatasan:

1. Bulungan dari traffic light Bulungan belakang Kejagung sampai dengan kawasan Mahakam
2. Kemang dari pertigaan Kem Chicks, kemudian sampai McD, sampai ke ujung arah selatan ke dekat Jalan Benda
3. Gunawarman, Suryo dan SCBD dari Gunawarman depan KFC sampai pertigaan Apotek Senopati sampai lurus ke Santa-Blok S
4. Sabang sepanjang Jalan Sabang
5. Cikini Raya dari Jalan Cikini sampai dengan Raden Saleh
6. Asia Afrika dari traffic light pertigaan Hotel Fairmont sampai dengan pertigaan Pakubuwono, Mustopo, Senayan City
7. BKT sepanjang jalan BKT
8. Seluruh kawasan Kota Tua Jakbar dari Hayam Huruk sampai Kunir Stasiun Beos
9. Boulevard Kelapa Gading
10. Kawasan PIK yaitu PIK 2 setelah menyeberang jembatan

(whn/zak)