Duduk Bareng Ketum PAN Zulhas, Erick Thohir Digoda Maju Pilpres 2024

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 19:33 WIB
Zulkifli Hasan dan Erick Thohir (dok. PAN).
Zulkifli Hasan dan Erick Thohir (Dok. PAN)
Jakarta -

Video yang menampilkan elite PAN Eko Patrio dan Denny Cagur bercanda soal Pilpres 2024 di depan Erick Thohir ramai di aplikasi WhatsApp. Erick Thohir, Menteri BUMN RI, digoda-goda PAN maju Pilpres 2024.

Video yang ramai diperbincangkan tersebut berdurasi 2 menit 34 detik. Seperti dilihat detikcom, Senin (21/6/2021), Erick Thohir duduk bersebelahan dengan Zulkifli Hasan. Di kiri Erick, ada Eko Patrio dan Denny Cagur yang berdiri menjadi pembawa acara.

"Kita doain bapak-bapak yang ada di sini sehat. Kita doain Pak Erick Thohir, sudah mengharumkan nama Lampung. Kita doain lagi nanti jabatannya lebih naik lagi," ujar Eko Patrio.

Eko Patrio berbicara soal nama-nama para pemimpin Indonesia dari Sukarno hingga Joko Widodo (Jokowi), presiden saat ini. Menurutnya, ada kesamaan ejaan nama dari para pemimpin bangsa.

"Karena memang kalau calon presiden atau wakil presiden itu diprediksi namanya harus ada O-nya. Soeharto, ada O-nya, Sukarno. Minimal ada O, kalau nggak ada huruf vokalnya dobel. Kalau nggak I-nya dua, O-nya dua," ujar Eko Patrio.

"Joko Widodo, O-nya banyak. Erick Thohir. Denny Cagur nggak ada. Minimal I-nya dobel. Habibie, I-nya dua, kan. Megawati, jangan salah, Megawati Soekarnoputri. Zulkifli Hasan, I-nya dua. Kita doain kalau Pak Zulkifli Hasan jadi, eaaa...," ujar Eko disambut seruan 'aamiin' para hadirin.

Erick Thohir kemudian merespons. Setengah bercanda, dia menyebut Eko Patrio tengah membanggakan diri sendiri.

"Ada yang ngangkat, sebenarnya ngangkat dirinya sendiri, Eko Patrio," ujar Erick tertawa.

Apa kata Eko? Anggota DPR ini malah 'mendorong' Erick Thohir maju gelanggang pilpres dengan berujar siap menjadi tim sukses.

"Minimal jadi wapresnya Bapak. Ya kalau nggak jadi wapres, tim sukses Bapak lah," ujar Eko Patrio.

Erick Thohir dan Zulhas Jalan Bareng

Peristiwa dalam video ini terjadi dalam pertemuan tokoh masyarakat di Lampung Selatan, Sabtu (19/6/2021). Erick Thohir dan Zulkifli Hasan bersama-sama menemui masyarakat Lampung yang disebut kampung halaman mereka.

"Saya dan Pak Erick sama-sama orang Lampung. Jadi ini balik kampung. Saya ajak Pak Erick ketemu masyarakat. Kalau saya kan sudah agak sering. Masyarakat Lampung pasti bangga punya Menteri BUMN asli orang Lampung, bisa bertemu langsung," ujar Zulhas dalam keterangannya.

Dalam perjalanan ke Lampung, Erick Thohir menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. Dalam adat marga Dantaran, Lampung Selatan, Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa. Gelar tersebut merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja.

"Saya juga berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangeran Naga Bringsang V dan para petinggi adat marga Dantaran, atas pengangkatan saya menjadi kerabat dalam adat Marga Dantaran," kata Erick di akun Instagram resminya.

Lihat juga video 'Survei Capres SMRC: Prabowo Teratas, Anies-Ganjar Bersaing Ketat':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)