Ucapan Selamat Ultah untuk Jokowi: Dari Ahok, Ganjar, hingga RK

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 13:57 WIB
Deretan Ucapan Ulang Tahun untuk Jokowi Ke-60
Deretan Ucapan Ulang Tahun untuk Jokowi Ke-60/ilustrasi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Tepat pada 21 Juni Presiden RI, Jokowi merayakan hari ulang tahunnya yang ke-60. Sejumlah tokoh dan pejabat menyampaikan ucapan dan doa di hari istimewa ini.

Presiden ke-7 Indonesia tersebut diketahui lahir 60 tahun lalu di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. detikcom merangkumkan deretan ucapan ulang tahun dari berbagai tokoh berikut ini:

Basuki Tjahaja Purnama Beri Ucapan Selamat untuk Jokowi

Salah satu pejabat yang mengucapkan ulang tahun untuk Jokowi adalah mantan pasangannya di DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Melalui Instagram @basukibtp, pria yang akrab disapa Ahok tersebut mengunggah potret dirinya saat menemani Jokowi di suatu acara.

"Selamat Ulang Tahun ke-60 Bapak Presiden @jokowi. Semoga senantiasa diberi kesehatan, kebahagiaan serta kekuatan untuk terus mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia," tulisnya.

Ganjar Pranowo Beri Ucapan Selamat untuk Jokowi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut memberi ucapan ulang tahun untuk Jokowi. Ganjar bahkan membuat video khusus dalam rangka ulang tahun sang presiden.

"Pak Jokowi, selamat ulang tahun yang ke-60 njih. Sehat selalu pak, terus semangat, terus berkarya, dan gemati kepada rakyat. Semoga setiap gerak dan langkah panjenengan menjadi inspirasi dan berkah bagi kita semua. Sekali lagi Selamat Ulang Tahun pak @jokowi," tulis Ganjar melalui Instagram @ganjar_pranowo.

Presiden Jokowi di KepriPresiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ridwan Kamil Beri Ucapan Ulang Tahun untuk Jokowi

Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil juga mengunggah potret Jokowi di Instagram pribadinya, @ridwankamil. Dalam potret tersebut, terselip ucapan 'Selamat Ulang Tahun ke-60 Bapak Presiden Jokowi'.

Ridwan Kamil juga menuliskan doa untuk sang presiden.

"Selamat ulang tahun untuk Bpk Presiden @jokowi. Semoga panjang umur dan senantiasa hidupnya penuh kemuliaan, penuh berkah dan diberi Allah SWT curahan rahmat yang berlimpah. Dan terus diberi kemudahan dan petunjuk oleh Allah SWT dalam membawa bangsa ini keluar dari ujian kehidupan saat ini. Aamiin."

Khofifah Indah Parawansa Beri Ucapan dan Doa untuk Jokowi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa turut memberi ucapan ulang tahun untuk Jokowi di Instagram pribadinya @khofifah.ip. Ia juga mengunggah potret dirinya bersama Jokowi.

"Selamat ulang tahun ke-60 Bapak Presiden Joko Widodo @jokowi. Semoga selalu berada dalam lindungan Allah SWT, diberikan kesehatan, keberkahan, kebahagiaan, kemuliaan, dan kekuatan dalam memimpin Indonesia menghadapi dan keluar dari masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini. InsyaAllah, Indonesia bisa terus maju, unggul, hebat dan bangkit kembali. Amiiin."

Anies Baswedan Turut Beri Ucapan untuk Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk Jokowi. Hal itu disampaikan Anies melalui unggahan potret Jokowi dan keterangan ucapan di Instagram @aniesbaswedan.

"Selamat ulang tahun kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @Jokowi. Semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah, selalu dalam keberkahan, dan Insya Allah selalu dalam lindungan Allah SWT," tulisnya.

Musisi Addie MS turut Beri Ucapan Ulang Tahun untuk Jokowi

Tak hanya pejabat, salah satu Komposer musik terkenal di Indonesia, Addie MS memberi ucapan ulang tahun untuk Jokowi. Melalui Twitternya @addiems, ia mengunggah potret dirinya bersama sang presiden sembari memberikan doa untuk kesehatan Jokowi.

Profil Singkat Jokowi

Jokowi dikenal sebagai pribadi sederhana dari Kota Surakarta. Dulunya, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut merupakan seorang pengusaha mebel yang sukses.

Tak disangka bermula dari Organisasi Pengusaha Mebel Indonesia atau Asmindo, ia kemudian jadi orang nomor satu di kota Solo hingga kini menjabat orang nomor 1 di Indonesia selama dua periode.

Sebuah fakta mengejutkan diperoleh saat momen ulang tahun ke-58 Jokowi. Saat itu, dirinya mendapatkan kejutan dari sejumlah wartawan di salah satu restoran di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, tapi tak meniup lilin.

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun, jadi jangan ada yang mengulangtahuni," kata Jokowi tersenyum.

Dia mengibaskan telapak tangan kanannya ke arahan lilin kecil itu hingga api di lilin itu padam. Jokowi pun tertawa. Para wartawan dan tamu lain di restoran itu bertepuk tangan.

(izt/imk)