Corona Melonjak, Bali Minta Pintu Wisatawan Asing Tetap Dibuka Juli

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 13:28 WIB
Ilustrasi Bali (Angga Riza/detikcom)
Foto ilustrasi Bali (Angga Riza/detikcom)

Menurut Astawa, wisman yang belum divaksinasi diperbolehkan masuk ke Bali nantinya. Sebab, tidak boleh ada diskriminasi terhadap para pelancong.

"Artinya kan kita tidak boleh mendiskriminasi seperti itu. Itu katanya sih ada ketentuan, tidak boleh adanya mendiskriminasi katanya. Baik yang belum vaksin maupun yang sudah vaksin boleh (masuk Bali). Tapi kan dari negara-negara yang sudah pelaksanaan vaksinnya sudah banyak dan risiko COVID-nya rendah," kata dia.

Astawa berharap nantinya ada satu penerbangan langsung dari suatu negara ke Bali sebagai uji coba penerimaan wisman. Ketika sampai di Bali, wisman bakal menjalani karantina selama lima hari.

"Sampai dengan ketentuan yang ada saat detik niki (ini) kan seperti nika (itu). Kalau untuk perubahan-perubahan aturan yang lain belum ada nika," terangnya.

Astawa juga berharap, jika memang bakal dibuka, pengumuman tersebut tidak dilakukan secara mendadak. Seharusnya, pembukaan pariwisata Bali untuk wisman bisa dilakukan 30 hari sebelum dibuka.

"Kan tidak bisa mendadaklah, misalnya besok dibuka sekarang diumumkan, kan ndak bisa begitu. Paling tidak 30 hari sebelumnya itu sudah ada pengumuman," pinta Astawa.


(idh/idh)