Kasus Corona Terus Melonjak, Epidemiolog Ingatkan Momen Idul Adha

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 18:34 WIB
Dicky Budiman (Dok istimewa/foto diberikan oleh narsum bernama Dicky Bu
Foto: Dicky Budiman (Dok istimewa/foto diberikan oleh narsum bernama Dicky Budiman)

Dicky pun menilai saat ini pulau Jawa tengah memasuki kondisi darurat. Jika dibiarkan, lanjutnya, Indonesia akan menyamai India, sehingga akan sulit dalam mengendalikan kasus aktif COVID-19. Maka dari itu dia mendorong adanya lockdown.

"Perlu lockdown. Tapi, perlu koordinasi, karena kan kapasitas daerah berbeda-beda. Terus potensi klaster keluarga sekarang 80%. Makanya perlu pencegahan sejak dini juta," kata dia.

Selain itu, Dicky meminta vaksinasi harus dilakukan dengan manajemen yang efektif dan informatif. Tujuannya agar publik tidak kekurangan informasi.

"Ya perlu disebutkan di mana, kapan waktu vaksinnya. Saya pribadi juga keluarga saya susah mendapat akses vaksin. Karena apa? Informasinya tidak jelas," kata Dicky.

Menurutnya, ini menjadi PR sekaligus catatan bagi seluruh pihak. Dia berharap informasi mengenai vaksin dapat ditingkatkan agar program vaksinasi berjalan lancar.

"Vaksinasi memang harus dilakukan dengan cepat. Benar-benar harus cepat. Karena kita sudah menghadapi masa kritis. Tapi, sistemnya perlu diperbaiki," imbuhnya.


(rdp/dhn)