Kapolda Metro soal Resto Bandel Saat Pandemi: Tambah Denda-Segel Lebih Lama

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 14:17 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengingatkan agar restoran dan kafe di DKI Jakarta tidak melanggar aturan operasi saat PPKM Mikro di masa pandemi COVID-19. Jika mereka membandel, pihaknya tak segan-segan untuk memberi sanksi.

Fadil menyebut restoran dan kafe yang pernah ditindak agar tidak kembali melanggar aturan. Menurutnya, jika diketahui melanggar aturan lagi, sanksinya akan berlipat.

"Kalau masih berulang nanti dendanya nambah, hukuman administratifnya juga nambah. Mungkin tutupnya bisa sebulan," ujar Fadil di Pos RW 08, Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (20/6/2021).

Saat ini, bagi restoran atau kafe yang ketahuan melanggar aturan operasi saat pandemi COVID-19 akan didenda sebesar Rp 50 juta. Tak hanya itu, kafe dan restoran yang melanggar aturan juga akan ditutup sementara selama 1x24 jam.

Dia mengatakan penerapan PPKM Mikro di Jakarta masih efektif diberlakukan. Fadil telah mengimbau ke seluruh jajaran Polsek yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya agar tidak perlu menunggu hingga zona merah baru dilakukan pengetatan.

"Jadi mulai dari kemarin zona orange itu sudah dilakukan intervensi untuk melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Caranya gimana? Bersama RT, bersama RW di sini ini kita jaga kita dengan mobile kita berikan himbauan supaya di rumah saja. Kalau ada yang berkumpul itu ya kita bubarkan," katanya.

"Jadi PPKM mikro ini masih efektif untuk kita membubarkan masyarakat tanpa harus secara umum mobilitasnya kita hentikan," sambungnya.

Kemudian, terkait pertemuannya beberapa waktu lalu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dia menyebut akan siap melaksanakan apapun keputusan pemerintah. Termasuk jika nantinya PSBB ketat di Jakarta akan diberlakukan kembali.

"Posisi Polda itu apa yang menjadi keputusan pemerintah itu kita amankan dan kami kerjakan. Saya tidak mau berpolemik. Mau PSBB mau PPKM mikro pokoknya Polda Metro Jaya siap laksanakan perintah dan mengamankan perintah," pungkasnya.

(fas/fas)