Muncul Sahabat Ganjar, Dorong Ganjar Maju di Pilpres 2024

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 14:03 WIB
Sahabat Ganjar dorong Ganjar maju Pilpres 2024 (Foto: dok Sahabat Ganjar)
Foto: Sahabat Ganjar dorong Ganjar maju Pilpres 2024 (Foto: dok Sahabat Ganjar)
Jakarta -

Kelompok masyarakat yang mengatasnamakan sebagai Sahabat Ganjar mendeklarasikan mendukung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024. Mereka mendorong Gubernur Jawa Tengah itu maju menjadi calon presiden di 2024.

"Dari semua ini, yang terpenting adalah Ganjar Pranowo mencintai bangsa ini dengan karya nyata, bukan hanya dengan kata-kata. Bersama, kami mendukung Ganjar Pranowo melalui Sahabat Ganjar untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Jokowi untuk Indonesia Raya," Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani, dalam keterangannya, Minggu (20/6/2021).

Lenny mengungkapkan, Sahabat Ganjar juga telah melakukan survei di sejumlah wilayah seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Bali. Dari survei tersebut, lebih dari 60 persen responden memilih Ganjar sebagai presiden masa depan.

Survei itu dilakukan dengan 2.000 responden, berusia 18 - 40 tahun. Sampling error yang terjadi sebesar 2,7%.

"Hasil survei yang dilakukan oleh Sahabat Ganjar dilakukan dalam rentang waktu selama dua minggu di akhir Mei 2021. Penelitian dilakukan dengan cara hybrid, menggabungkan cara offline dan online," tuturnya.

Lenny pun menjelaskan alasannya mendukung Ganjar. Menurutnya, politikus PDIP itu selama ini melakukan langkah nyata saat memimpin Jawa Tengah.

Misalnya saja, Ganjar disebutnya aktif mempromosikan UMKM di wilayahnya. Selain itu, menurutnya, Ganjar juga menawarkan ruang tak terbatas bagi warga untuk berinteraksi dengannya.

"Mengenai hal ini, kami memang belum memiliki data lengkap berapa jumlah UMKM yang telah merasakan dampak dari Lapak Ganjar yang tidak hanya Jawa Tengah, tapi Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), Jawa Barat, dan Bali ikut kebanjiran order setelah ikut #LapakGanjar. Artinya, program ini memberikan manfaat positif bagi UMKM di berbagai daerah," paparnya.

Sebelumnya, relawan yang mendukung Ganjar maju Pilpres 2024 juga muncul. Kelompok relawan itu bernama Ganjarist (Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu).

Ganjarist mendeklarasikan diri pada awal Juni lalu untuk mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024. Ganjarist sepakat Ganjar adalah sosok terbaik yang bisa menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang masa jabatannya selesai 3 tahun lagi.

Lihat juga Video: SMRC: Elektabilitas Ganjar Paling Naik Signifikan Sejak Pilpres 2019

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)