Bandel! Kafe di Jakpus Buka Tengah Malam, Lampu Mati dan Gerbang Dikunci

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 10:35 WIB
Satpol PP DKI Razia Kafe di Jakpus (IG Satpol PP DKI)
Satpol PP DKI Razia Kafe di Jakpus (IG Satpol PP DKI)
Jakarta -

Satpol PP menyegel salah satu tempat hiburan dan kafe di Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), yang buka sampai tengah malam. Demi mengelabui petugas, kafe itu mematikan lampu dan mengunci gerbang.

Meski demikian, petugas berhasil memergoki kafe tersebut. Seperti diketahui pada masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Jakarta, tempat usaha harus tutup maksimal pukul 21.00 WIB. Dari video yang terdapat di instagram resmi satpolpp.dki terlihat kafe tersebut terkunci dari luar serta terlihat gelap.

"Luar biasa memang agak sulit karena semua lampu ditutup gelap, semua terkunci sedangkan mereka di dalam berkumpul rame sekali. Dan ternyata kuncinya itu adanya ada orang di luar," ujar Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin dalam keterangan video, Minggu (20/6/2021).

Ternyata, hal mengejutkan ditemukan ketika petugas berhasil membuka gembok pagar tersebut. Di dalam kafe, terdapat lebih dari 100 orang yang kedapatan melanggar protokol kesehatan.

"Jadi tempat itu digembok terkunci rapat, lampu dipadamkan kemudian tidak ada lagi parkir kendaraan tapi aktivitas luar biasa lebih dari 100 orang. Ya sekarang sudah lewat dari jam 01.00 WIB. Ini aktivitasnya informasinya ada nonton bareng," kata Arifin.

Saat ini, Arifin menyebut tengah melakukan penindakan terhadap pemilik usaha. Sementara itu, kafe tersebut juga ditutup sementara dan dikenai sanksi denda.

"Kita juga memeriksa terhadap perizinan usahanya, kita panggil untuk melakukan dokumen perizinan yang mereka miliki. Apabila tidak ada izin maka kita akan tutup secara permanen," ungkapnya.

Dalam razia tersebut, Arifin juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia mengimbau agar seluruh tempat hiburan dan kafe hanya beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

"Saya ingin sampaikan bahwa Jakarta kasus dalam positif COVID-nya dalam satu minggu ini sudah meningkat tajam. Patuhi kegiatan kita ini hanya sampai jam 21.00 WIB," tutupnya.

Simak Video: Pelaku Usaha DKI Langgar PPKM Mikro Didenda Rp 50 Juta!

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)