Round-Up

3 Bantahan Ketua DPRD Tolikara soal Danai Pemasok Senpi KKB Papua

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 06:40 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Arson Wanimbo (Situs resmi Partai NasDem)
Foto: Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Arson Wanimbo (Situs resmi Partai NasDem)
Jakarta -

Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo dituduh sebagai donatur bagi teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Sonny membantah tuduhan yang dialamatkan kepada dirinya itu.

Dugaan ini terungkap saat Ratius Murib alias Neson Murib ditangkap Satgas Nemangkawi di Bandara Puncak Jaya, yang diduga sebagai salah satu jaringan KKB di Papua. Ia berperan sebagai pemasok amunisi dan senjata api bagi KKB di Papua.

Neson membawa uang Rp 370 juta untuk membeli senjata bagi KKB. Uang itu diduga berasal dari Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, yakni Sonny Arson Wanimbo.

"Uang tersebut diberikan oleh anggota Ketua Dewan I Kabupaten Tolikara (Ketua DPRD Tolikara) atas nama Sonny Wanimbo," kata Kombes M Iqbal, Rabu (16/6).

Sonny menyatakan bahwa dia sama sekali tidak terlibat dalam kegiatan KKB di Papua. Termasuk kegiatan yang dilakukan Neson Murib.

Berikut poin-poin bantahan Sonny:


1. Tak Kenal Neson Murib

Sonny mengatakan dirinya tidak mengenal sosok Ratius Murib alias Neson Murib seperti yang dikabarkan pihak kepolisian. Dia juga mengatakan tak pernah ketemu dengan Neson Murib.

"Jangankan pernah ketemu Neson Murib, kenal saja saya tidak," ujarnya saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Sabtu (19/6/2021).

2. Bantah Danai Neson Murib

Sonny Wanimbo angkat suara mengenai tuduhan keterlibatan sebagai donatur bagi teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Dia membantah tuduhan itu.

Sonny menyatakan tak terlibat dalam kegiatan KKB di Papua. Termasuk dengan penangkapan KKB di Bandara Puncak Jaya.

Simak juga video 'Polri Petakan 7-9 KKB, Termasuk Kekuatan Persenjataannya':

[Gambas:Video 20detik]