LBH APIK Jakarta Terima 8 Aduan Dugaan Pelecehan Seksual Gofar Hilman

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 20:20 WIB
Gofar Hilman
Foto: Gofar Hilman (dok.pri)
Jakarta -

Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) membuka aduan untuk korban dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh pesohor Gofar Hilman (GH). Hingga saat ini LBH APIK telah menerima delapan aduan.

"Hingga 17 Juni 2021, LBH APIK Jakarta telah menerima 8 aduan kasus terkait dengan pelecehan seksual yang dilakukan publik figur GH, termasuk aduan dari pemilik akun Twitter @quweenjojo," demikian bunyi keterangan tertulis yang diberikan oleh Direktur LBH APIK Jakarta, Siti Mazumah, Sabtu (19/6/2021).

Akun @quweenjojo sebelumnya mengaku sebagai korban dugaan pelecehan seksual oleh Gofar Hilman. Korban mengatakan sebetulnya cuma ingin Instagram Story bareng, namun disebut Gofar langsung melakukan hal tak senonoh.

LBH APIK melihat adanya kemungkinan korban lain, sehingga mereka membuka posko aduan.

"Melihat bahwa kemungkinan masih ada korban-korban yang belum berani bersuara, LBH APIK Jakarta dan SAFEnet serta para korban yang bersolidaritas membuka posko pengaduan untuk korban-korban lain yang ingin bersuara," kata dia.

LBH APIK mengatakan posko dibuat pengaduan dibuat sebagai ruang aman kepada korban. LBH APIK juga akan memberikan pendampingan hukum kepada korban.

"Posko pengaduan GH dibuat sebagai ruang aman untuk menguatkan sesama korban, dan menyediakan pendampingan hukum, konseling psikologi, serta keamanan digital jika diperlukan," jelas LBH APIK.

"LBH APIK Jakarta dan SAFEnet memberikan apresiasi sebesar-besarnya pada korban yang telah kuat dan berani bersuara hingga memantik suara-suara korban lainnya, seperti yang telah dilakukan akun Twitter @quweenjojo," lanjutnya.

Redaksi telah berupaya menghubungi Gofar Hilman. Namun hingga berita ini diturunkan, Gofar Hilman belum memberikan tanggapan.

Simak video 'Gofar Hilman Dituding Pelecehan Seksual, Karyawati Pilih Resign':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2