Polisi Tilang 46 Pemotor yang Akan Balap Liar di Antasari Jaksel

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 14:58 WIB
Aerial View of a traffic in Hanoi, Vietnam
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Satuan Patwal Polda Metro Jaya melaksanakan patroli antisipasi balap liar di Jalan Pangeran Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan. Akhirnya polisi menemukan 46 pengendara motor yang ingin melakukan balap liar dan langsung dilakukan penilangan.

"Semalam kita patroli dan tertangkap tangan motor yang disinyalir mau balapan di atas layang Antasari. Ada 46 kendaraan yang dilakukan penilangan," kata Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, saat dikonfirmasi, Sabtu (19/6/2021).

Argo mengatakan penilangan itu dilakukan pada pukul 01.00 WIB dini hari. Informasi tersebut awalnya berasal dari informasi masyarakat soal adanya video Youtube yang melakukan balap liar di lokasi tersebut.

"Adanya informasi dari masyarakat berawal dari tayangan dari Youtube tentang balap liap di layang Antasari," katanya.

Selanjutnya, Argo mengatakan setiap titik lokasi balap liar sudah dipetakan dan diupayakan dengan tindakan preventif. Jika tertangkap tangan, pihaknya jelas akan langsung melakukan penilangan.

"Semua titik lokasi balap liar sudah kami petakan, dan akan selalu dilakukan upaya preemtif dan preventif, tapi kalau tertangkap tangan tentunya akan kami lakukan penindakan terukur sesuai tingkatan kesalahan, kalau berulang kali melanggar pasti akan kami tilang, tapi kalau baru coba-coba akan kami lakukan teguran dan himbauan," katanya.

Argo juga mengimbau agar para vlogger tersebut untuk membuat konten yang positif. Bukan malah mengajak masyarakat untuk melakukan balap liar.

"Kami imbau, bagi para vlogger maupun youtuber silahkan buat konten kreatif yang positif, bukan sebaliknya yang negatif, apalagi memberikan ruang untuk orang lain melakukan pelanggaran khususnya lalu lintas," katanya.

Lebih lanjut, Argo beserta pihaknya akan melakukan penjagaan di titik-titik yang berpotensi jadi ajang balap liar. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk melapor ke polisi jika menemukan hal tersebut.

"Secara preventif kami lakukan penjagaan di titik-titik yang berpotensi dijadikan ajang balapan. Selain melanggar protokol kesehatan tentang kerumunan, juga mengganggu ketertiban umum," ujarnya.

"Silahkan masyarakat dapat melaporkan apabila ada konten yang viral tentang balap liar melalui Twitter TMC Polda Metro Jaya atau IG Satpatwal Polda m
Metro," sambungnya.

Simak juga 'Panik Dirazia, Pelaku Balap Liar di Makassar Kocar-kacir Hingga Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/yld)