Ketua DPRD Tolikara Mengaku Tak Kenal dengan Pemasok Senjata KKB

Wilpret Siagian - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 14:22 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Arson Wanimbo (Situs resmi Partai NasDem)
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Arson Wanimbo (Situs resmi Partai NasDem)
Jayapura -

Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo disebut-sebut sebagai pemasok dana pembelian senjata kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Sonny mengaku tidak kenal dengan pemasok senjata KKB bernama Neson Murib itu.

"Jangankan pernah ketemu Neson Murib, kenal saja tidak," kata Sonny dalam pernyataan pers yang disampaikannya di Jayapura, Sabtu (19/6/2021).

Sebelumnya, polisi mengatakan Sonny dan Neson pernah berada menjadi teman kuliah saat belajar di salah satu kampus di Bali. Sonny menegaskan tidak pernah menjadi teman kuliah si pemasok senjata, Neson Murib.

"Saya kuliah di Jakarta dan status saya masih pascasarjana. Ada bukti," kata Sonny yang juga anggota Partai NasDem ini.

Ratius Murib alias Neson Murib ditangkap Satgas Nemangkawi di Bandara Puncak Jaya yang diduga sebagai salah satu jaringan KKB di Papua. Ia berperan sebagai pemasok amunisi dan senjata api bagi KKB di Papua.

Neson membawa uang Rp 370 juta untuk membeli senjata bagi KKB. Uang itu diduga berasal dari Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, yakni Sonny Arson Wanimbo. Satgas Nemangkawi menyebut Sonny dan Neson punya hubungan.

Ratius Murib alias Neson Murib, penjual senjata api ke KKB (Dok istimewa)Ratius Murib alias Neson Murib, penjual senjata api ke KKB (Dok istimewa)

"Sonny Wanimbo merupakan teman kuliah Neson di Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali, yang mana Sonny Wanimbo pada saat itu merupakan Ketua Ikatan Mahasiswa Pegunungan Se-Jawa dan Bali. Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi dan kongres kemahasiswaan pegunungan," kata Kepala Humas Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudussy, Rabu (16/6).

(dnu/dnu)