Cara Merayakan Ulang Tahun Jakarta Ke-494, Sudah Tahu?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:57 WIB
Beragam persiapan dilakukan menjelang HUT DKI Jakarta ke-494. Salah satu persiapan yang dilakukan adala menghiasi dinding sudut kota dengan mural.
Cara Merayakan Ulang Tahun Jakarta Ke-494, Sudah Tahu?/ Ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Ulang Tahun Jakarta ke-494 tinggal menghitung hari menuju tanggal 22 Juni 2021. Di tengah kondisi pandemi COVID-19 dan melonjaknya kasus COVID di DKI Jakarta, ada sejumlah cara merayakan HUT DKI Jakarta yang bisa dilakukan secara virtual.

Agenda-agenda virtual sudah mulai dilaksanakan sejak jauh-jauh hari. Meski begitu, keseruan dan kemeriahan tetap tidak kalah dibanding masa-masa perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta sebelumnya.

Dilansir dari infografik Pemprov DKI Jakarta melalui instagram @dkijakarta, berikut cara merayakan Ulang Tahun Jakarta ke-494!

Ulang Tahun Jakarta: Puncak Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Salah satu cara merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494 tahun ini yaitu digelarnya talkshow virtual aksi dan target Jakarta mengelola sampah dan perilaku konsumsi yang berkelanjutan (sustainable consumption) pada 5 Juni 2021.

Di hari yang sama, pemerintah provinsi DKI Jakarta juga meluncurkan Jakarta Sadar Sampah yang langsung diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan. Program Jakarta Sadar Sampah ini mengajak masyarakat untuk melakukan aksi Kurangi, Pilah dan Olah (KuPiLah) untuk merubah perilaku masyarakat untuk lebih sadar terhadap lingkungan hidup.

Rangkaian perayaan ditutup dengan aksi hemat energi dengan pemadaman lampu di 7 ikon Jakarta dan bangunan pemerintah.

Ulang Tahun Jakarta: Jakpreneur Fest 2021

Cara merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494 juga dilakukan dengan salah satu event besar yaitu Jakpreneur Fest 2021. Rangkaian acara dimulai dengan pameran foto pada 5-15 Juni 2021.

Kemudian, pada 24 Mei hingga 24 Juni diselenggarakan kompetisi Bisnis dengan tema 'Inovasi Usaha yang Berkelanjutan'. Kompetisi ini memperebutkan hadiah total mencapai 90 juta rupiah.

Kemudian juga diselenggarakan agenda edukasi untuk para pelaku UMKM terkait kewirausahaan. Pada 20 Juni akan dibuka kelas super. Kemudian pada 21-22 Juni akan ada kelas personal untuk para pelaku UMKM yang ingin berdiskusi lebih dekat dengan para mentor di bidang kewirausahaan.

Pada 21-26 Juni diselenggarakan kegiatan Pasar Jakpreuner secara online. Namun tenang saja, pada 25-26 agenda dilakukan secara offline loh.

Rangkaian Jakpreneur Fest 2021 pun ditutup pada 27 Juni dengan agenda malam apresiasi.

Tema dan Logo Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494

Mengutip dari Instagram @plusjakarta, Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494 menyajikan tema dan logo yang menambah semarak perayaan hari jadi ibu kota. Tahun ini, diusung tema 'Jakarta Tangguh' dengan tujuan untuk meningkatkan semangat warga Jakarta di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Sementara itu, seperti usia Ulang Tahun Jakarta, logo yang digunakan pun tertuliskan angka 494. Angka ini tapi bukan sekedar angka, secara matematis logo seperti 4/4=1 yang bermakna Jakarta dan seluruh masyarakat yang beragam harus bersatu untuk memberi harapan dan mimpi untuk membangkitkan Jakarta.

Lekukan di angka 9 dimaknai sebagai identitas Plus Jakarta sebagai kota kolaborasi.

[Gambas:Instagram]



(izt/imk)