Perekam Baru Tahu Fenomena 'Matahari Terbit dari Utara' Usai Dijelaskan BMKG

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:27 WIB
Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.
Foto: Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.
Jeneponto -

Warga di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulaeman, yang membuat video viral matahari terbit dari utara, mengaku baru mengetahui teori matahari tampak terbit dari utara saat dijelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Ketidaktahuan Sulaeman sebelumnya membuatnya kaget atas penampakan matahari terbit dari utara.

"Saya melihat penjelasan BMKG, baru saya tahu rupanya itu fenomena alam biasa. Saya baca berita baru saya tahu, karena saya terus terang belum pernah lihat seperti itu, saya juga bukan guru ilmu falak tidak pernah belajar seperti itu," ujar Sulaeman kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

Sulaeman mengaku melihat matahari terbit dari utara saat berada di sekolah tempatnya mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu, Jeneponto, pada Kamis (17/6) lalu. Saat itu ada guru yang mengaku takjub melihat matahari terbit dari utara, sehingga guru lainnya, termasuk Sulaeman, ikut menyaksikan.

"Kemarin sebenarnya kami kebetulan sama teman-teman di sekolah, tiba-tiba di antara teman ada yang nyeletuk, sembari melihat matahari kok sepertinya ada di sebelah utara, teman-teman yang lain juga lihat oh iya ada," kata Sulaeman.

Dengan keriuhan para guru menyaksikan matahari terbit dari utara, Sulaeman secara spontan merekam video matahari terbit dari utara dan mengunggahnya di akun media sosial miliknya. Video itu kemudian menjadi viral di media sosial.

"Tidak tahu kenapa tiba-tiba di grup itu mungkin ada yang share ke mana-mana, jadi saya juga kaget kenapa sampai viral seperti ini," tuturnya.

Sulaeman baru sadar bahwa fenomena matahari tampak terbit dari utara saat ada penjelasan BMKG setelah video miliknya viral.

Penjelasan BMKG

BMKG Wilayah IV Makassar menyebut matahari terbit dari utara sebagai fenomena biasa. Sebenarnya matahari tetap terbit dari timur. Namun perubahan posisi matahari terhadap bumi membuat matahari tampak seperti terbit dari utara.

"Memang sebenarnya matahari tidak ada yang terbit dari utara tetap terbit dari timur," ujar Prakirawan BMKG yang bertugas, Risky, kepada detikcom.

Namun Rizky mengungkapkan apa yang terlihat dalam video bahwa matahari berada di sebelah utara itu memang benar adanya sehingga maklum masyarakat menganggap matahari terbit dari utara. Menurut Rizky, matahari dalam video pada hakikatnya tetap terbit dari timur tapi dalam perjalanannya ke barat berada di sisi utara, tidak pada garis Khatulistiwa.

"Dia bergerak dari timur ke barat akan tetapi condongnya bergerak di sebelah utara. Jadi tetap terbit dari timur, tetapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu," ungkap Rizky.

Simak Video: Heboh Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto, Ini Kata BMKG

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/imk)