detikcom Do Your Magic

Preman Ceger Bikin Resah, Warga Takut Bila Tak Kasih Jatah

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:26 WIB
Jl Ceger Raya, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jl Ceger Raya, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Tangerang Selatan -

Warga di sekitar Jl Ceger Raya Tangerang Selatan resah oleh ulah preman yang sering minta jatah. Mereka sampai minta bantuan ke polisi supaya membebaskan mereka dari gangguan preman. Begini kesaksian para pedagang di sekitar lokasi.

Keluhan warga ke polisi ini terungkap lewat surat yang viral dan kemudian mendapat tanggapan polisi. Isi surat pengaduan yang ditujukan ke Kapolsek Pondok Aren itu adalah warga ingin polisi mengamankan lingkungan mereka dari preman yang sering minta jatah dan mengintimidasi.

detikcom Do Your Magic meninjau lingkungan tempat aduan masalah premanisme itu, yakni Jl Ceger Raya, Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Jumat (18/6/2021).

Demi keselamatan narasumber, identitas pedagang berikut ini kami samarkan. Ada X, Y, dan Z yang berjualan di pinggir Jl Ceger Raya.

"Ya pernah diminta, sekitar Rp 20 ribuan lah. Kalau nggak dikasih, kita kan juga takut," kata X, pedagang makanan berusia 39 tahun.

Sambil membereskan meja dan merapikan piring, X mengaku pernah dimintai jatah preman alias japrem bulanan. Dia kurang tahu persis kapan preman-preman ini muncul dan berkuasa di area ini, namun yang jelas mereka ada dan bikin takut.

Ada lagi Y, pria berusia 43 tahun yang menjajakan makanan di pinggir jalan ini menyatakan preman minta jatah adalah hal biasa di sini. Mereka sering minta duit kisaran Rp 20 ribu.

"Kalau minta, langsung saya kasih. Saya nggak mau ribut-ribut. Yang penting dia nggak resek, ya saya kasih," kata Y kepada detikcom saat hujan deras mengguyur kawasan sebelah barat Jakarta ini.

Y mengatakan premanisme ini sudah berlangsung lama. Y memilih untuk selalu memberi jatah pada para preman supaya usahanya tidak diusik lebih parah oleh preman.

Selanjutnya, pedagang yang pernah menolak permintaan jatah preman:

Tonton juga Video: Palak Pengendara, Preman Berkedok Pak Ogah di Makassar Ditangkap!

[Gambas:Video 20detik]