21 WNI ABK Ocean Star Dilapor Telantar di Timor Leste, Hanya Minum Air Hujan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 15:28 WIB
Istri ABK yang suaminya terlantar di Timor Leste (Hermawan/detikcom).
Istri ABK yang suaminya telantar di Timor Leste (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Sebanyak 21 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dilaporkan 4 bulan terkatung-katung di kapal motor tanker Ocean Star di laut Timor Leste. Seorang istri ABK asal Makassar, Nurliah (30), mengungkap suaminya harus makan mi dan menadah air hujan untuk bertahan hidup.

"Terakhir itu katanya mengumpulkan air hujan sama makan mi untuk dia konsumsi," ujar Nurliah kepada wartawan di Makassar, Jumat (18/6/2021).

Suami Nurliah, Amir Hamzah (39), diketahui awalnya bertolak dari Makassar ke Pulau Batam sejak Januari 2021. Masuk Februari, Amir dan rekan-rekan ABK lainnya bertolak ke Timor Leste. Selanjutnya kabar tidak mengenakkan diterima Nurliah.

"Sejak akhir Mei 2021 dia mengabarkan dia merasa tidak diperhatikan lagi perusahaan," ungkap Nurliah.

Nurliah mengatakan suaminya sudah tak menerima gaji sejak Maret 2021 alias sudah selama 4 bulan. Suami Nurliah kemudian melaporkan hal tersebut ke istrinya.

"Gajinya selama 4 bulan tidak terbayarkan. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah muncul di media akhirnya saya percaya bahwa beliau tidak terima upah selama 4 bulan," katanya.

Tidak hanya gaji yang tak dibayarkan, Amir Hamzah dan para ABK lainnya juga disebut tak lagi menerima suplai makanan dan bahan bakar minyak (BBM) dari pihak perusahaan.

"Ya kondisi terakhir katanya mereka hanya mengonsumsi mi, itu pun bantuan dari pihak KBRI, bukan perusahaan. Kemudian pasokan BBM sudah tidak disuplai lagi," ungkap Nurliah.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.