detikcom Do Your Magic

JPO Tapal Kuda Lenteng Agung Mulai Dipasangi Kerangka Atap

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 18:30 WIB
Konstruksi JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, 17 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Konstruksi JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, 17 Juni 2021 (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Bila sudah selesai dibangun, jembatan penyeberangan orang (JPO) flyover tapal kuda Lenteng Agung ini digadang-gadang menjadi solusi bebas macet tiap jam sibuk pagi hari. Kini, JPO ini sudah dipasangi kerangka atap.

Terpantau di lokasi, Jl Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (17/6/2021) pukul 18.00 WIB, kawasan ini baru saja diguyur hujan.

Terpantau di konstruksi JPO sisi barat, yakni dari Depok arah Pasar Minggu, kerangka atap sudah dipasang. Kerangka di bagian tangga berbentuk lingkaran, begitu juga di bagian atasnya.

Konstruksi JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, 17 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Konstruksi JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, 17 Juni 2021 (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Di bagian atas JPO, ada lampu-lampu sorot terpasang. Terdapat spanduk 'Safety First' terpasang di rangka-rangka penyangga proyek tiang JPO ini. Progres yang sama terpantau di JPO sisi timur, yakni sisi Pasar Minggu arah Depok.

Lalu lintas baik dari Depok arah Pasar Minggu maupun Pasar Minggu arah Depok terpantau ramai lancar.

Biasanya, lalu lintas di sekitar flyover tapal kuda Lenteng Agung dari Depok arah Pasar Minggu ini macet pada pagi hari tiap hari kerja, sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.30 WIB.

Konstruksi JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, 17 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Konstruksi JPO Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, 17 Juni 2021 (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Lalu lintas macet karena ruas jalan menyempit gara-gara sebagian ruas dialokasikan untuk flyover tapal kuda, diperuntukkan sebagai jalur putar balik arah Depok-Pasar Minggu-Depok. Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho menyampaikan pengerjaan JPO ini bakal selesai pada akhir bulan ini.

"JPO Tapal Kuda di flyover Lenteng Agung depan Kampus IISIP diharapkan dapat diselesaikan di akhir bulan Juni 2021," kata Hari Nugroho, Jumat (28/5) lalu.

(dnu/dnu)