Komisi VII DPR Lockdown Seminggu Usai 3 Anggota Dewan Kena COVID

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 15:51 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno
Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno (Yudha Maulana/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi VII DPR Fraksi PAN Eddy Soeparno menyebut ada tiga anggota Dewan dari komisinya yang terpapar COVID-19. Eddy menyebut Komisi VII DPR akan di-lockdown hingga tujuh hari ke depan.

"Iya (tiga orang positif Corona)," kata Eddy saat dihubungi, Kamis (17/6/2021).

"Mohon doa untuk kesembuhan beliau-beliau, ya," lanjutnya.

Eddy menyebut Komisi VII DPR langsung mengambil sikap terkait penularan COVID-19 terhadap anggota Dewan. Dia memastikan akan ada lockdown selama tujuh hari ke depan.

"Lockdown 1 minggu," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal DPR RI menyampaikan sejumlah rapat komisi DPR terpaksa ditiadakan lantaran beberapa anggota DPR hingga ASN DPR terpapar COVID-19. Sekjen DPR Indra Iskandar menyebut hingga kini ada 11 anggota DPR yang terdata terpapar COVID-19.

"Jadi saya nggak menggunakan istilah isu lockdown. Yang dilakukan beberapa komisi adalah penundaan rapat-rapat dikarenakan memang di samping ada anggotanya, ada juga ASN, ada juga cleaning service, ada juga pamdal yang reaktif-positif COVID. Jadi beberapa komisi melakukan beberapa penundaan. Dari keputusan pimpinan DPR tidak gunakan istilah lockdown, tapi penundaan-penundaan rapat," kata Indra kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (17/6/2021).

Indra menyebut sejauh ini tercatat ada 11 anggota DPR yang terpapar COVID-19. Tak hanya itu, sejumlah tenaga ahli, pamdal, hingga ASN DPR juga positif COVID-19.

"Dari yang tercatat sampai hari ini untuk anggota DPR ada 11 orang," ucap Indra.

"Untuk mulai tenaga ahli itu yang tercatat, ini belum semua dilaporkan ke kami, karena masih di-trace Satgas COVID kita, tapi hari ini tenaga ahli ada 11 orang, untuk dari PPN terdiri dari pamdal dan kru TV Parlemen ada 7 orang, kemudian dari PNS ada 17 orang," lanjutnya.

(maa/gbr)