Kali di Tangerang Diviralkan Berwarna Merah, Begini Penelusuran Dinas LH

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 13:18 WIB
Kali di Tangerang diviralkan berwarna merah. Foto: tangkapan layar IG tangerang.terkini
Kali di Tangerang diviralkan berwarna merah. (Tangkapan layar video viral/istimewa)
Tangerang -

Sebuah video menampilkan aliran kali di kawasan Kelurahan Poris Gaga Baru, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, berwarna merah. Disebutkan kali tersebut berwarna merah karena tercemar limbah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian menjelaskan pihaknya telah menelusuri informasi yang viral tersebut dengan menerjunkan tim ke lokasi.

Tihar juga menyampaikan bahwa kali yang tercemar tersebut diduga adalah Kali Mookervaart, bukan anak Sungai Cisadane seperti yang disebutkan di media sosial.

"Sampai degan saat ini teman-teman tidak menemukan titiknya, tidak menemukan adanya air berwarna merah sepanjang Mookervaart. Mungkin warnanya merah itu mungkin entah kemarin, entah kapan itu yang sedang ditelusuri oleh teman-teman di lapangan," jelas Tihar saat dihubungi detikcom, Kamis (17/6/2021).

Saat ini tim berjumlah 3 orang tersebut masih mencari titik kali yang tercemar tersebut. Pihaknya menduga lokasi tersebut adalah Kali Mookervaart.

"Itu salah bukan Sungai Cisadane, itu Mookervaart. Identifikasi teman-teman itu--karena di situ menyebutkan Kelurahan Poris Gaga, Poris Gaga itu ada di wilayah Kecamatan Batuceper--(yang ada di sana) Kali Mookervaart," katanya.


Koordinasi dengan Kelurahan

Tihar menjelaskan timnya akan melakukan pemantauan dan penyelidikan di sepanjang Kali Mookervaart. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kelurahan di wilayah Kecamatan Batuceper.

"Sampai saat ini tim sudah koordinasi dengan pihak kelurahan, tetapi belum menemukan yang berwarna merah. Jadi tim melakukan koordinasi dan identifikasi," katanya.

Sejauh ini, timnya belum menemukan titik lokasi kali yang tercemar tersebut.

"Laporan teman-teman belum menemukan apa yang sampai dengan seperti di pemberitaan itu, kami masih mencari titiknya," katanya.

Tihar belum berspekulasi apakah kali yang berwarna merah itu tercemar limbah pabrik. Tetapi memang, kawasan Batuceper merupakan kawasan industri dan banyak berdiri pabrik-pabrik.

"Ya kan Ceper itu termasuk zona industri, yang mana juga sedang kita identifikasi, praduga juga nggak bisa, harus ditelusuri dulu titiknya," tuturnya.

(mea/fjp)