Sederet Barang Bukti dari Anji: Biji Ganja hingga Buku

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 15:55 WIB
Anji
Anji (Palevi/detikhot)
Jakarta -

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti terkait kasus narkotika musisi Anji. Ada biji-biji ganja yang diamankan di Bandung, Jawa Barat.

"Saudara AN (Anji) dengan koperatif menyampaikan informasi, masih ada lagi barang-barang yang berkaitan dengan ganja ini di Bandung, Jawa Barat, di tempatnya yang bersangkutan. Di situ kita juga mengamankan BB (barang bukti), yaitu biji-biji ganja yang kita dapatkan di lokasi kedua, kemudian batang ganja," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Penemuan ini terjadi sehari setelah studio milik Anji di Cibubur digerebek polisi pada Jumat (11/6). Selain itu, polisi mengamankan buku 'Hikayat Pohon Ganja'.

"Mungkin cukup menarik kenapa ada buku 'Hikayat Pohon Ganja' yang pernah kita temukan di tersangka sebelumnya. Jadi memang menurut Saudara AN, ini adalah bagian dari edukasi yang bersangkutan terkait dengan ganja itu sendiri karena sudah rekan-rekan pahami juga di 48 negara bagian di Amerika sudah melegalkan tanaman ganja ini, tapi itu bukan ranah kita kepolisian. Ini informasi yang kita dapatkan pemeriksaan tersebut. Kenapa di sana dilegalkan, kenapa disini tidak," tutur Ady.

AnjiAnji (Palevi/detikhot)

Pengakuan Anji Pakai Ganja: Biar Rileks

Polisi mengungkap alasan musisi Anji menggunakan narkoba jenis ganja. Polisi menyebut Anji menggunakan ganja agar rileks ketika berkarya.

"Di mana menurut yang bersangkutan, itu digunakan untuk bisa rileks, untuk bisa produktif, mungkin dari hal-hal yang bersangkutan sebagai seorang seniman," kata Ady Wibowo.

Selain itu, Ady menjelaskan, Anji tidak sering memakai ganja. Anji diketahui baru menggunakan ganja sebanyak dua kali sejak September 2020.

"Tidak terlalu rutin. Jadi memang menurut pengakuannya baru dua kali. Tidak rutin setiap hari, sejak September 2020," tutur Ady.

Anji Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Penyanyi bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu kini ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana narkotika.

Hasil pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti, polisi menyatakan Anji terbukti menyalahgunakan ganja. Anji pun kini resmi ditahan di Mapolres Metro Jakarta Barat.

Lihat juga Video: Permohonan Maaf Anji Usai Pakai Narkoba

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)