Video 20Detik

Tsunami 0,5 Meter Usai Gempa Guncang Maluku Tengah

dtv, dtv - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 15:11 WIB
Jakarta -

Beredar video yang menunjukkan air pasang di kawasan pesisir Tehoru, Maluku Tengah, usai gempa M 6,1 yang mengguncang wilayah itu. Pihak Stasiun Geofisika yang berada di Ambon, Maluku, menyatakan telah terjadi tsunami.

"Dengan data yang kami dapatkan dari pasang surut terjadi kenaikan setinggi 0,5 meter. Dari video yang kami dapatkan dari warga masyarakat terkonfirmasi bahwa itu dalam tsunami demikian," demikian keterangan Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Herlambang Hudha, kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi bahwa gempa di Maluku Tengah tidak berpotensi tsunami. Namun, informasi itu diralat beberapa waktu kemudian. BMKG mengimbau warga waspada, khususnya yang tinggal di pesisir Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu, Maluku Tengah, serta Pulau Seram, Maluku.

"BMKG : WASPADA Gempa Susulan dan Potensi TSUNAMI akibat longsor ke/di bawah laut bagi masyarakat di sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, P. Seram, Maluku. SEGERA menjauhi pantai menuju tempat tinggi," demikian keterangan yang ditulis di akun Twitter resmi BMKG.

Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Maluku Tengah, Rabu (16/6/2021), pukul 11.43 WIB. Pusat gempa berada pada jarak 67 kilometer arah tenggara Maluku Tengah. Gempa berkedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

(/)