KPK Usut Peran Azis Syamsuddin dan Fahri Hamzah di Kasus Ekspor Benur

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 10:01 WIB
Gedung baru KPK
KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan anggota DPR Fahri Hamzah muncul di sidang kasus suap ekspor benih bening lobster atau benur dengan terdakwa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Apa respons KPK?

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan akan mengusut peran Azis dan Fahri dalam perkara suap ekspor benur. KPK terlebih dulu akan menganalisis fakta sidang yang ada untuk nantinya dihubungkan dengan alat bukti sehingga dapat membentuk fakta hukum.

"Fakta sidang perkara ini, baik keterangan saksi maupun para terdakwa, selanjutnya akan dianalisis tim JPU KPK dalam surat tuntutannya," kata Ali kepada wartawan, Rabu (17/6/2021).

"Analisis diperlukan untuk mendapatkan kesimpulan apakah keterangan saksi tersebut ada saling keterkaitan dengan alat bukti lain sehingga membentuk fakta hukum untuk dikembangkan lebih lanjut," tambahnya.

Ali mengatakan tidak terutup kemungkinan KPK akan mengembangkan fakta perkara yang ada apabila telah tercukupi setidaknya dua bukti permulaan.

"Prinsipnya, tentu sejauh jika ada kecukupan setidaknya dua bukti permulaan yang cukup, kami pastikan perkara ini akan dikembangkan dengan menetapkan pihak lain sebagai tersangka," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Cerita Saksi soal Edhy Prabowo Minta Rp 5 M untuk Izin Budi Daya Benur':

[Gambas:Video 20detik]