116 Alumni SMA Pradita Dirgantara Lolos SBMPTN 2021

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 02:26 WIB
Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini Nanny Hadi Tjahjanto (dua dari kiri) berfoto bersama salah satu alumnus usai acara wisuda siswa SMA Pradita Dirgantara (dok Dispenau)
Foto: Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini Nanny Hadi Tjahjanto (dua dari kiri) berfoto bersama salah satu alumnus usai acara wisuda siswa SMA Pradita Dirgantara (dok Dispenau)
Jakarta -

SMA Pradita Dirgantara mengumumkan 116 alumni angkatan pertama lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Mereka diterima di 25 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

"Terdapat 116 alumni SMA Pradita Dirgantara yang diterima di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, atau 82,26 persen dari 141 alumni yang mengikuti tes melalui jalur SBMPTN," demikian keterangan dari Dispenau, Selasa (15/6/2021).

Mereka diterima di kampus negeri di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), hingga Universitas Indonesia (UI).

Pencapaian ini memberikan kebanggaan bagi seluruh civitas akademika dan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) yang selama ini terus mendukung SMA Pradita Dirgantara.

Ketua Umum (Ketum) Yasarini, Nanny Hadi Tjahjanto, memberikan apresiasi bagi alumni yang diterima melalui jalur SBMPTN 2021 ini. Ia memberikan pesan secara khusus kepada seluruh alumni agar tetap fokus selama menempuh studi.

"Saya sangat bangga dengan seluruh alumni SMA Pradita Dirgantara. Perjuangan mereka menunjukkan hasil. Selalu jaga nama baik SMA Pradita Dirgantara dan tetaplah fokus menempuh studi di manapun kalian berada," kata Nanny.

Selain itu, pihak sekolah mengumumkan enam lulusan SMA Pradita Dirgantara melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri lewat jalur beasiswa yakni di University of Chicago, Amerika Serikat; University of Toronto, Kanada; Nanyang Technological University (NTU) Singapura; Tokyo International University di Jepang; dan Monash University, Australia.

Sementara untuk jalur kedinasan ada sekitar 25 alumni SMA Pradita Dirgantara yang mendaftar sebagai calon taruna Akademi TNI Angkatan Udara (AAU), 3 orang mendaftar calon taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL), 2 orang mendaftar ke Akademi Militer TNI Angkatan Darat (Akmil), seorang ke Akademi Kepolisian (Akpol), dan 24 orang mendaftar sebagai calon kadet Universitas Pertahanan.

SMA Pradita Dirgantara merupakan SMA di bawah naungan Yasarini yang bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. Yasarini merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan kewirausahaan yang dikelola sebagian besar istri-istri anggota TNI AU.

Sekolah ini berlokasi di Kompleks Adi Soemarmo, Jalan Cendrawasih No 4, Ngesrep, Ngemplak Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

(jbr/eva)