Cerita Jokowi Protes Prodi Perguruan Tinggi ke Nadiem, Itu Lagi Itu Lagi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 16:59 WIB
Presiden Jokowi dan Nadiem Makarim
Presiden Jokowi dan Nadiem Makarim (Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim mengungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat protes karena program studi (prodi) di perguruan tinggi di Indonesia tak pernah berubah. Padahal dunia industri saat ini terus berkembang.

Pernyataan itu disampaikan Nadiem saat berbincang dengan Jokowi dalam rangka Festival Kampus Merdeka 2021 seperti ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/6/2021). Nadiem mulanya berbicara mengenai upaya mewujudkan visi SDM unggul melalui program merdeka belajar. Salah satunya mengenai pengembangan program studi di kampus.

"Kita juga ingin prodi-prodi kita terminologinya 'pernikahan massal', Pak Presiden, menikah dengan industri, menikah dengan kampus-kampus lain untuk menciptakan permutasi-permutasi baru sesuai arahan presiden," kata Nadiem.

Barulah kemudian Nadiem mengungkap arahan Presiden Jokowi. Menurut Nadiem, Jokowi memprotes prodi di Indonesia tak berubah, padahal tantangan semakin kompleks.

"Saya ingat dulu Pak Presiden bilang 'kok prodinya sama-sama lagi, padahal industrinya telah berubah.' Jadi itulah suatu hal yang kita telah lakukan, tapi tentu tantangannya ini sangat berat, tetapi ini satu-satunya cara presiden agar anak-anak kita pada saat lulus mereka itu mendapatkan kompetensi-kompetensi terpenting di dunia yang pak presiden bilang tadi perubahannya sangat cepat," ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan mahasiswa perlu mendapatkan banyak pengalaman sebelum mereka lulus kuliah. Hal itu kemudian dipertegas oleh Presiden Jokowi.

"Bagaimana dia akan mempelajari kolaborasi kalau dia tidak belajar berkarya sebagai tim, bagaimana dia mau mengerti kreativitas atau kewirausahaan kalau dia tidak mengerjakan sesuatu di dalam dunia nyata. Kita ingin semua mahasiswa kita bisa berenang pada saat mereka keluar ke lautan terbuka, jangan hanya di kolam renang harus sekali-kali pergi ke laut untuk melatih diri," ujar Nadiem.

"Angan sekali-sekali, bisa dua kali, tiga kali, empat kali, lima kali biar ngerasain gelombangnya laut seperti apa," timpal Jokowi.

"Makanya tiga semester, Pak, boleh di luar prodi dan dua dari tiga semester itu bahkan bisa di luar kampus," jawab Nadiem.

Simak Video: Jokowi: Mahasiswa Jangan Hanya Belajar di Kampus

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)