Tokcer, 5 Tips Cepat Hamil dan Punya Anak!

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 19:10 WIB
ibu hamil
Foto: shutterstock
Jakarta -

Memiliki keturunan tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Sayangnya, kehamilan tidak selalu datang dengan cepat sesuai harapan. Meski demikian, terdapat sejumlah cara cepat yang bisa Anda dan pasangan lakukan demi meningkatkan peluang untuk segera mendapat momongan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut tips yang dapat mendukung keberhasilan perencanaan kehamilan.

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Jika ingin cepat hamil, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan, seperti folat dan zinc. Antioksidan terbukti dapat meningkatkan kesuburan, tidak hanya bagi wanita tapi juga pria.

Antioksidan ini akan mematikan senyawa radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak kualitas sperma dan sel telur. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi penelitian yang dilakukan di tahun 2012. Kualitas sperma meningkat pada pria yang memakan 75 gram kenari yang kaya akan antioksidan setiap hari.

Konsumsi Asam Folat

Asam folat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan karena menjadi bagian dari vitamin B. Mengutip Centers for Disease Control and Prevention (CDC), wanita disarankan mengonsumsi asam folat setidaknya 400 mikrogram (mkg) setiap hari, bahkan sejak sebelum kehamilan.

Tidak hanya supaya cepat hamil, konsumsi asam folat juga dinilai dapat mencegah cacat lahir, terutama pada otak dan tulang belakang bayi.

Hindari Stres

Selama menjalani program merencanakan kehamilan, sebaiknya hindari stres berlebihan. Saat stres meningkat maka akan menurunkan peluang hamil. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak dan gunakan untuk bersantai. Apabila stres yang dirasa cukup berat, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli untuk mengurangi tingkat kecemasan dan depresi.

Jaga Berat Badan Tetap Sehat

Tahukah Anda, berat badan menjadi faktor yang perlu diperhatikan saat merencanakan kehamilan? Hal ini dikarenakan berat badan bisa berdampak pada kondisi kesuburan pria dan wanita. Pada wanita, apabila kadar lemak cenderung tinggi maka dapat mengganggu proses ovulasi.

Di samping itu berat badan berlebih juga berisiko menimbulkan sejumlah kondisi komplikasi selama kehamilan. Begitu pula sebaliknya, memiliki berat badan di bawah normal yang berisiko mengalami masalah kesehatan serius.

Ketahui Siklus Menstruasi dan Masa Subur

Jika sedang merencanakan kehamilan bersama pasangan, ada baiknya mengetahui waktu tepat untuk berhubungan agar program berjalan lancar. Hal ini dikarenakan peluang hamil wanita sangat dipengaruhi masa subur yang berkaitan dengan siklus menstruasi atau haidnya.

Namun, siklus menstruasi dan masa subur perempuan berbeda-beda. Sehingga Anda harus menghitung masa subur sendiri. Biar lebih mudah, Anda bisa menggunakan Ovutest. Tidak hanya cepat, Ovutest dapat mengetahui masa subur dan ovulasi wanita dengan praktis dan akurat.

Alat uji masa subur ini tersedia dalam 5 varian, yakni Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, Ovutest Digital, Ovutest Scope, dan Ovutest Vinca. Anda tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan dan paling nyaman.

Anda bisa mendeteksi masa subur menggunakan urine dengan varian Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, dan Ovutest Digital. Agar hasilnya akurat, ambil sample urine setelah berpuasa makan dan minum selama 2 (dua) jam, dan melakukan tes di antara pukul 10 pagi - 8 malam.

OvutestOvutest Foto: Ovutest

Cara lainnya yaitu menggunakan media air liur untuk mendeteksi lonjakan hormon estrogen dengan Ovutest Scope. Lakukan tes antara jam 10 pagi - 8 malam, setelah berpuasa makan dan minum selama 2 (dua) jam. Masa subur juga bisa diketahui lewat suhu basal tubuh, yaitu suhu tubuh terendah dalam 1 hari.

Saat ovulasi, umumnya terdapat peningkatan suhu basal sekitar 0,5-1 derajat. Anda bisa rutin mengecek suhu basal tubuh dengan Ovutest Vinca yang terhubung langsung ke aplikasi Femometer (aplikasi kalender masa subur). Tak hanya praktis, Ovutest Scope dan Ovutest Vinca juga bisa dipakai berulang kali, lho, sehingga lebih ekonomis.

OvutestOvutest Foto: Ovutest

Dengan adanya Ovutest dan disertai banyaknya varian produk yang disediakan Ovutest, para wanita dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kenyamanan mereka dalam melakukan tes masa subur. Tak hanya itu saja, Ovutest juga memiliki dua varian produk yang sifatnya reusable (dapat digunakan berulang kali). Dengan varian reusable akan menjadi pilihan menarik bagi wanita karena membuat perencanaan kehamilannya menjadi lebih praktis dan ekonomis.

Rencanakan kehamilan yang lebih baik dengan Ovutest, Let's #ConceiveWithConfidence. Informasi selengkapnya kunjungi www.ovutest.co.id atau Instagram @ovutest_id.

(ads/ads)