Fadli Zon Minta Anies Berlakukan Jam Malam di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 15:16 WIB
Sejumlah kendaraan ambulans dan bus sekolah yang membawa pasien COVID-19 antre untuk masuk kawasan Rumah Sakit Darurat  COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (10/6).
Wisma Atlet Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Situasi perkembangan COVID-19 di Jakarta mengkhawatirkan. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon meminta Anies memberlakukan jam malam di Jakarta.

"Harusnya berlakukan jam malam (curfew) untuk Jakarta," kata Fadli Zon dikutip dari akun Twitter resminya, Selasa (15/6/2021). Fadli Zon mengomentari unggahan Twitter Pemprov DKI Jakarta soal perpanjangan PPKM Mikro.

Menurut Fadli Zon, jam malam akan sangat efektif menangani penyebaran COVID-19 di Jakarta. Dia menyebut banyak negara yang melakukan penerapan jam malam.

Meski demikian, Fadli Zon menyebut DKI Jakarta bisa mempertimbangkan waktu penerapan jam malam, tidak harus serupa negara-negara lain yang telah menerapkannya.

"Di banyak negara kebijakan curfew ini membantu menanggulangi penyebaran/penularan COVID-19. Ada jam malam jam 23, ada yang jam 21 dan ada jam 19. Tergantung situasi dan kebutuhan secara temporer 1-2 minggu atau lebih," kata Fadli Zon sembari mencolek akun @aniesbaswedan.

Kondisi Wisma Atlet Jakarta

Untuk diketahui, pasien COVID-19 di Wisma Atlet mengalami peningkatan. Mayoritas pasien di Wisma Atlet berasal dari Jakarta.

"Mayoritas Jakarta, 80 persen Jakarta," kata Koordinator Humas RSD Covid-19 Wisma Atlet, Letkol TNI AL M Arifin, kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Dia mengatakan pasien yang masuk ke Wisma Atlet merupakan kiriman dari puskesmas. Arifin mengatakan puluhan pasien masih akan dikirim ke Wisma Atlet.

"Bahkan sudah di kelurahan-kelurahan sebelahnya ikut tertular, Ciracas, Bambu Apus, kendalikannya harusnya mulai sekarang ya. Jalan harusnya sepi jangan macet seperti ini, berarti kan mobilisasi orang tidak dikendalikan," katanya.

Tonton juga Video: Update Pasien RSD Wisma Atlet 15 Juni 2021: Total 5.453 Orang

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fjp)